Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Mandiri Berubah

Authors

  • Ni Putu Eni Astuti Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Bangli, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Komang Nada Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60476

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, Mandiri Berubah

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka membawa banyak perubahan termasuk berbagai persoalan didalam implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada jalur mandiri berubah di SD. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada sekolah mandiri berubah. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru SD. Objeknya adalah implementasi kurikulum merdeka. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis dalam bentuk persentase dan dikategorikan sesuai nilai yang diperoleh. Hasil penelitian menyatakan implementasi kumer di SD berada pada kategori rendah. Didalam implementasinya, penelitian menemukan persepsi guru terhadap konsep implementasi kurikulum jalur mandiri berubah tidak selaras dengan pemerintah. Hal ini dibuktikan saat merancang pembelajaran dimana guru mengambil dan menggunakan perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah secara utuh tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa, sekolah, dan karakteristik mata pelajaran serta lingkungan tempat tinggal siswa. Implementasi tersebut berakar dari pemaham guru yang mempersepsikan bahwa pemerintah sudah menyediakan perangkat pembelajaran dan hanya tinggal menggunakannya saja  pada pada sekolah mandiri berubah. Guru untuk merancang perangkat ajar sendiri, melakukan evaluasi pada implementasi kurmer yang sudah berjalan, berdiskusi dengan ahli kurikulum, dan melaksanakan workshop kepada guru-guru tentang kurmer, serta memanfaatkan platform merdeka mengajar.

Published

2023-12-29

How to Cite

Astuti, N. P. E. ., Lasmawan, I. W. ., Suastra, I. W. ., & Kusuma, K. N. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Mandiri Berubah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60476

Most read articles by the same author(s)