Buku Cerita Bergambar Bermuatan Nilai Karakter Utama untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62180Keywords:
Buku Cerita Bergambar, Nilai Karakter Utama, Keterampilan MembacaAbstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD, masih banyak siswa yang tidak lancar dalam membaca Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan buku cerita bergambar bermuatan nilai-nilai karakter untuk meningkatkan keterampilan membaca. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 pakar/ahli materi, 2 pakar/ahli media, 1 guru dan 30 siswa. Instrumen pengumpulan data pada angket (kuisioner) meliputi angket penilaian media, materi, respon guru dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu validitas buku cerita sebesar 95,5% dengan kriteria sangat valid, kepraktisan guru sebesar 94% dengan kriteria sangat praktis, kepraktisan siswa sebesar 87,8 yang tergolong sangat praktis, pada uji efektivitas yaitu uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov mendapatkan hasil 0,200 lebih dari 0,05 yang artinya data berdistribusi normal, uji homogenitas dengan teknik Levene Statistic sebesar 0,326 lebih dari 0,05 yang artinya data bersifat homogen serta analisis uji t-test satu sampel memperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti buku cerita bergambar bermuatan nilai karakter utama ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Made Savitri Yugakisha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)