Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63500Keywords:
CORE, mind mapping, kompetensiAbstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang sesuai dan metode pembelajarannya masih berupa hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 297 siswa dari 8 sekolah negeri yang berbeda. Sampel diambil dengan rancangan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 42 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Tes kompetensi pengetahuan IPA diberikan pada saat post -test. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji – t. Berdasarkan perhitungan uji – t diperoleh thitung = 7,097 > ttabel = 1,991, pada taraf signifikansi 5 % (dk= 37 + 42 – 2 = 77) maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar.
References
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792.
Afriyanti, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks Descriptive Mata Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 32–45. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.244.
Albeltsa, I. A., & Ahmad, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1), 66–81. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2195.
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716.
Arya, L., Dewi, K., Putra, M., Gede, I. B., & Abadi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27272.
Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269–279. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26615.
Cris, G., & Dwiqi, S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33–48. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775.
Fahrezi, I., & Taufiq, M. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JIPPG: Jurnal Ilmu Pendidikan Profesi Guru, 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.
Gantina, N. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1). https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384.
Gunawan, R. (2018). Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.33541/sel.v1i1.766.
Handayani, I., & Surya Kencana No, J. Selatan, T. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3095.
Hasanah, Z., Tenri Pada, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134.
Hidayat, S. N., Nuringtyas, T. R., & Triyana, K. (2018). Electronic Nose Coupled with Chemometrics for Monitoring of Tempeh Fermentation Process. Proceedings - 2018 4th International Conference on Science and Technology,. ICST. https://doi.org/10.1109/ICSTC.2018.8528580.
Holiyani, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas Vi Sd Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243.
Kasmita, K. A., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengaruh Model CORE Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Gugus 02 Kuta Utara. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.249.
Km, N., Suci, A. A., Pudjawan, K., & Parmiti, D. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbasis SETS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30956.
Kurniawan, A. W., & Hanief, Y. N. (2022). Development of basic movement learning models of the concept of play and games modification elementary school level. Journal Sport Area, 7(2), 246–261. https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(2).8589.
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668.
Marlini, K. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas X Mm-2 Smk Negeri 1 Denpasar Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 197–204. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31956.
Maulana Jamaludin, G., Iqbal Al Ghozali, M., & Fauzi, R. (2020). The CORE Model for Improving students behavior and learning outcomes the production technology development of Social Sciences Learning. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.18326/mdr.v12i1.33-49.
Ningsih, T. S., Abdurahman, Mardapi, D., & Fayanto, S. (2019). Study on the effect of Core (connecting, organizing, reflecting and extending) learning model on mathematics learning outcomes of cognitive domain. Universal Journal of Educational Research, 7(11), 2463–2471. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071125.
Nofrianni, E., & Syahniar. (2019). Development Of Reading Comprehension Teaching Materials Using Somatic Auditory Visual Ans Intelectual Modelsfor Class IV Of Primary Schools. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i2.78.
Nubhan, A., Sukardi, & Nursaptini. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizizng, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6022j.
Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.
Pedro Sanjaya, W., Kt Ngurah Semara Putra, D., & Ketut Ardana, I. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Model STAD Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26807.
Prastika, V. Y. A., Riyadi, R., & Siswanto, S. (2021). Discovery And Core Learning Model Toward Creative Thinking Viewed From Logical Mathematical Intelligence. Jurnal Aksioma, 10(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3429.
Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112.
Rahman Yulianto, A., Karomah Dwidayati, N., & Dukuhwaluh, R. (2020). The Effectiveness of Core Models with Scaffolding to Improve The Mathematical Connection Skill Article Info. Journal of Primary Education, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i1.28236.
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan dan Ilmu Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis dan Sumbernya Analytical Studies On The Meaning of Knowledge and Science and its types and sources. Jurnal Geuthee, 4(1). https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96.
Rohmah, A. N., & Ulya, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran CORE Melalui Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3684.
Rosalline, S., Mailizar, M., & Agustina, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connection, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5283.
Sari, S. I., Suhery, T., & Effendi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Dasar Berbasis STEM Problem Based Learning Pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 7(2), 980–990.
Shalihah, A., Mahdian, & Kusasi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam Application of CORE Learning Model (Connecting, Organizing, Reflecting, Ex. Journal of Chemistry And Education, 5(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i2.1199.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitiatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Bandung : Alfabeta.
Suprianingsih, Ni Wayan S & Wulandari, I. G. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318.
Susanto, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Kauman Tul. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.28926/jpip.v2i2.390.
Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898.
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(3), 299. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422.
Tuto, Y. A., Hakim, A. R., & Wadu, L. B. (2020). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 311–322. https://doi.org/https://conference.unikama.ac.id/artikel.
Udayani, K. R., Gita, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Udyani, K. R., Gita, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. In : Vol. IX (Issue 1). https://doi.org/. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19886.
Widiana, I. W., & Gita Parera, N. P. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556.
Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Prashanti Kusuma Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)