Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio terhadap Hasil Belajar PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18074Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok yang dibelajarkan melalui model problem based learning berbasis portofolio dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Gugus II Abiansemal dengan jumlah siswa sebanyak 192 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal. Kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata- rata gain skor kelompok eksperimen X1 = 0,54 > X2 = 0,39 kelompok kontrol, selanjutnya melalui uji hipotesis diperoleh thitung= 2,142 > ttabel= 2,000 dengan dk = 67 dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: problem based learning, portofolio, hasil belajar PKn.
References
Dwiyanto, Firman dan Miftahus Surur. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. www.nulisbuku.com. (diakses pada tanggal 27 januari 2018).
Kustandi, Cecep. 2015. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jakarta: https://cecepkustandi.wordpress.com /2015/06/29/pembelajaran- berbasis-masalah- problem-based–learning/ (diakses pada tanggal 3 Februari 2018).
Muslich, Masnur. 2011. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman Dan Pengembangan . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nafiah, Y. N. (2012). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1).
Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Bandung :https://www. kajianpustaka .com/2013/01/ model-pembelajaran- berbasis- portofolio.html?m=1 (diakses pada tanggal 28 januari 2018).
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Swari, Putu Kartika Widya, I Made Agus Wirawan, I Made Gede Sunarya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Jobsheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Kelas X Tkj 4 Smk Negeri 3 Singaraja. Karmapati Volume 4, Nomor 3.
Undang – Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2016. Jakarta: http://kelembagaan.ristekdikti.go.id /wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf (diakses pada tanggal 2 februari 2018)
Wewe, M. (2017). The Effect Of Problem Based Learning Model And Mathematic-Logical Intelligence Toward Mathematics Learning Achievement. Journal of Education Technology, 1(1), 7–17.
Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Beberapa Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa PGSD. In Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. In Seminar Nasional Riset Inovatif Ii.
Yanti, Ni Wayan Widya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn . Jurnal Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nomor 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)