Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio terhadap Hasil Belajar PKN

Authors

  • Ni Putu Febriana Astuti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Made Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok yang dibelajarkan melalui model problem based learning berbasis portofolio dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Gugus II Abiansemal dengan jumlah siswa sebanyak 192 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal. Kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata- rata gain skor kelompok eksperimen X1 = 0,54 > X2 = 0,39 kelompok kontrol, selanjutnya melalui uji hipotesis diperoleh thitung= 2,142 > ttabel= 2,000 dengan dk = 67 dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018.

 

                     Kata kunci: problem based learning, portofolio, hasil belajar PKn.

References

Dwiyanto, Firman dan Miftahus Surur. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. www.nulisbuku.com. (diakses pada tanggal 27 januari 2018).

Kustandi, Cecep. 2015. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jakarta: https://cecepkustandi.wordpress.com /2015/06/29/pembelajaran- berbasis-masalah- problem-based–learning/ (diakses pada tanggal 3 Februari 2018).

Muslich, Masnur. 2011. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman Dan Pengembangan . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nafiah, Y. N. (2012). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1).

Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Bandung :https://www. kajianpustaka .com/2013/01/ model-pembelajaran- berbasis- portofolio.html?m=1 (diakses pada tanggal 28 januari 2018).

Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Swari, Putu Kartika Widya, I Made Agus Wirawan, I Made Gede Sunarya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Jobsheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Kelas X Tkj 4 Smk Negeri 3 Singaraja. Karmapati Volume 4, Nomor 3.

Undang – Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2016. Jakarta: http://kelembagaan.ristekdikti.go.id /wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf (diakses pada tanggal 2 februari 2018)

Wewe, M. (2017). The Effect Of Problem Based Learning Model And Mathematic-Logical Intelligence Toward Mathematics Learning Achievement. Journal of Education Technology, 1(1), 7–17.

Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Beberapa Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa PGSD. In Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. In Seminar Nasional Riset Inovatif Ii.

Yanti, Ni Wayan Widya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn . Jurnal Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nomor 1.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Febriana Astuti, N. P., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 172–180. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18074

Issue

Section

Articles