Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat ditingkatkan melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion)

Authors

  • Ni Luh Oka Anggreni Sekolah Dasar Negeri 11 Sesetan, Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.19396

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 11 Sesetan setelah optimalisasi penerapan diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion). Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dimana nilai rata-rata Bahasa Indonesia yang pada awalnya 64,21 meningkat menjadi 73,77 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi mencapai 80,70. Jumlah siswa yang mampu memenuhi KKM pada siklus I 58 % meningkat menjadi 95 % pada siklus II. Sebagai kesimpulan bahwa optimalisasi penerapan metode diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion )dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 11 Sesetan.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion)

References

Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Adikara, Irvin. 2008. Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. (Online). http/www.andikarablogspot.com. (diakses tanggal 01 Juli 2009)

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar. Singaraja: FIP IKIP Negeri Singaraja.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono;

Djamarah, S.B. 2005. Guru dan Anak Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Didik dalam Interaksi Edukatif; Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Cetakan II. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standart Kompetensi. Jakarta: Puskur. Dit. PTKSD

Eka, Rita. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar . Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017: 153 – 164 DOI: 10.22146/jpsi.27454

Jhon Elliot. 1991. Action Research For Educational Change. Philadelphiaa: Open University Press.

Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas

Puji ,Tri. 2017. Metode Diskusi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik . Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016

Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wanda, Ika. 2017. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika . Jurnal PSIKOBORNEO, Volume 5, Nomor 2, 2017 : 400-405

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

How to Cite

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat ditingkatkan melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–208. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.19396

Issue

Section

Articles