Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21167Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan pengembangan menggunakan model Research and Development yang terdiri dari : (1) tahap perencanaan (planning),(2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). Objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik. Sedangkan subjek penelitian adalah 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media yang memvalidasi instrumen alpha test. Instrumen alpha test merupakan instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai penilaian prodak yang telah dikembangkan. Analisis data instrumen alpha test menggunakan skala guttman. Model instrumen alpha test mengikuti lembar evaluasi dari Alessi & Trollip. Hasil penelitian di peroleh dari pengujian media alpha test I mendapatkan persentase rata-rata sebesar 75,53 %, pada alpha test II mendapatkan persentase rata-rata sebesar 95,23 % dan pada alpha test III mendapatkan persentase rata-rata sebesar 100 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat baik dan dapat di gunakan.
Kata kunci: Media pembelajaran, Android, Tata Nama Senyawa, Pengembangan media
References
Astra, I.M., Umiatin, dan Ruharman, D. 2012. Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18 (2): 174-180.
Ibrahim, A., Elfeky, M., Saleem, T., & Masadeh, Y. (2016). The Effect of Mobile Learning on Students ’ Achievement and Conversational Skills, 5(3), 20–31. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p20
Osman, M. A., Talib, A. Z., & Sanusi, Z. A. (2012). A Study of the Trend of Smartphone and its Usage Behavior in Malaysia, 2(1), 275–286.
Sains, P., Solihah, M., Yektyastusi, R., & Prasetyo, Y. D. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN MATERI ASAM BASA BERDASARKAN KURIKULUM 2013, (November), 457–467.
Saleem, T. A. (2011). MOBILE LEARNING TECHNOLOGY : A NEW STEP IN, 34(2).
Sasmito, P., Herwanto, W., Multimedia, P., Interaktif, P., Game, S., & Pelajaran, M. (2000). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SERIOUS GAME MATA PELAJARAN KIMIA Agung Panji Sasmito , Heru Wahyu Herwanto, 15–20.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)