Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android

Penulis

  • Ketut Sepdyana Kartini Jurusan Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia, Bali, Indonesia
  • I Ketut Setiawan Jurusan Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21167

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan pengembangan menggunakan model Research and Development yang terdiri dari : (1) tahap perencanaan (planning),(2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). Objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik. Sedangkan subjek penelitian adalah 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media yang memvalidasi instrumen alpha test. Instrumen alpha test merupakan instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai penilaian prodak yang telah dikembangkan. Analisis data instrumen alpha test menggunakan skala guttman. Model instrumen alpha test mengikuti lembar evaluasi dari Alessi & Trollip. Hasil penelitian  di peroleh dari pengujian media alpha test I mendapatkan persentase rata-rata sebesar 75,53 %, pada alpha test II mendapatkan persentase rata-rata sebesar 95,23 % dan pada alpha test III mendapatkan persentase rata-rata sebesar 100 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat baik dan dapat di gunakan.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Android, Tata Nama Senyawa, Pengembangan media

Referensi

Astra, I.M., Umiatin, dan Ruharman, D. 2012. Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18 (2): 174-180.

Ibrahim, A., Elfeky, M., Saleem, T., & Masadeh, Y. (2016). The Effect of Mobile Learning on Students ’ Achievement and Conversational Skills, 5(3), 20–31. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p20

Osman, M. A., Talib, A. Z., & Sanusi, Z. A. (2012). A Study of the Trend of Smartphone and its Usage Behavior in Malaysia, 2(1), 275–286.

Sains, P., Solihah, M., Yektyastusi, R., & Prasetyo, Y. D. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN MATERI ASAM BASA BERDASARKAN KURIKULUM 2013, (November), 457–467.

Saleem, T. A. (2011). MOBILE LEARNING TECHNOLOGY : A NEW STEP IN, 34(2).

Sasmito, P., Herwanto, W., Multimedia, P., Interaktif, P., Game, S., & Pelajaran, M. (2000). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SERIOUS GAME MATA PELAJARAN KIMIA Agung Panji Sasmito , Heru Wahyu Herwanto, 15–20.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cara Mengutip

Kartini, K. S., & Setiawan, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21167

Terbitan

Bagian

Articles