Kesiapan Guru Vokasi SMKN 1 Sumatera Barat dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Yunda Permatha Yuara Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Fahmi Rizal Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Indrati Kusumaningrum Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan guru vokasi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan empat variabel bebas dan satu variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 58 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasional dan regresi. Teknik korelasional tunggal dilakukan untuk melihat hubungan antar varibel x dengan variabel y, lalu dilanjutkan dengan regresi. Hasil analisis diperoleh nilai F regresi sebesar 16.773 pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05, yang berarti variabel X1, X2, X3, dan X4 secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif denganva riabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi berpengaruh nyata terhadap kesiapan guru dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

 

Kata kunci: kesiapan guru, guru vokasi, revolusi industri 4.0

References

Dinar Wahyuni. 2018. “Peningkatan Kompetensi Guru menuju Era Revolusi Industri

Eko Risdianto. 2019. “Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”. Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Hartanto, A. 2018. Making Indonesia 4.0. Jakarta. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/download/18384. Diakses pada 25 Maret 2019.

Fitriani, Cut. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Volume 5, No. 2, Mei 2017

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 : Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. Retrieved from http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21. Diakses pada 20 Januari 2019.

Muhammad Yahya. 2018. Era Industri 4.0 : Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Disertasi. Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Smaldino. 2014. Instructional Technology and Media for Learning. England : Essex CM20 2JE.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.Hamzah B Uno. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukartono. 2019. Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Undang-undang RI Nomor 14. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Yunda Permatha Yuara, Painan 07 Desember 1992. Sarjana Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP 2016. Mahasiswa.

Pragram Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNP tahun masuk 2017.

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Yuara, Y. P., Rizal, F., & Kusumaningrum, I. (2019). Kesiapan Guru Vokasi SMKN 1 Sumatera Barat dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 280–288. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21836