Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Uji Kompetensi Exit Exam
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33407Keywords:
Kecemasan, Motivasi Belajar, Uji KomptensiAbstract
Memiliki surat tanda registrasi (STR) seorang perawat harus mengikuti tes kompetensi sebagai syarat kepemilikan STR. Bagi mahasiswa keperawatan tes komptensi merupakan tantangan besar, sehingga dibutuhkan persiapan dan perhatian khusus bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Pelaksaan tes komptensi dapat memunculkan perasaan kekhawatiran, takut, tegang, dan kecemasan karena takut tidak lulus dalam uji kompetensi dan apabila tidak lulus tes kompetensi, maka seorang lulusan/mahasiswa tidak dapat mengajukan permohonan STR sebagai ijin melaksanakan praktek keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kecemasan dan motivasi belajar mahasiswa keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi exit exam. Studi telaahan ini menggunakan metode deskriptif analitik. Jumlah sampel 71 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, data dikumpulkan menggunakan daftar pertanyaan yang telah di tes validitasnya dengan menggunakan product moment pearson. Diketahui bahwa responden D3 Keperawatan dan Profesi NERS hasil penelitian menunjukan sebagian dari responden memiliki kecemasan ringan 52,1% dalam hal motivasi beberapa mahasiswa tidak termotivasi belajar. Agar pembelajaran menjadi efektif dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa untuk menghadapi uji kompetensi exit exam serta kerjasama institusi dalam meningkatkan metode pembelajaran atau pemadatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan uji kompetensi ditingkatkan supaya lebih baik.
References
Akbar, D. (2013). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. Https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Angellim, C., Satiadarma, M. P., & Subroto, U. (2020). Gambaran Kecemasan Evaluatif Pada Mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni. Https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.7536.2021.
Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131. Https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752.
Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Berbasis Computer Based Test. MEDISAINS, 16(2), 67. Https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522.
Arisandi, R. F. (2021). Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Kampus Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2). Https://doi.org/10.32493/jee.v3i2.8741.
Bejo Danang Saputra. (2019). Pengetahuan Dan Kompetensi Dosen Dalam Pengembangan Uji Objective Structured Clinical Examination (Osce) Program Studi D3 Keperawatan. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 107–118. Https://doi.org/10.36746/jka.v12i2.54.
Buhari, B., Widiawati, S., & Ellijayanti, A. (2020). Ubungan Peran Preceptor Dan Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Dengan Kecemasan Dalam Pembelajaran Praktik Klinik Di Rumah Sakit. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 5(1). Https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.303.
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. Https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739.
Damanik, D. N., & Hastuti, M. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat III Keperawatan Yang Akan Mengikuti Uji Kompetensi Diploma III Keperawatan. Excellent Midwifery Journal, 2(1), 8–15. Http://jurnal.mitrahusada.ac.id/index.php/emj/article/view/68.
Fathan, F., W. DJ. Pomalato, S., & Kadir Husain, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. PEDAGOGIKA, 10(1), 34–43. Https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.101.
Fitria, R. (2021). PERSIAPAN PESERTA UJIAN MENGHADAPI UJI KOMPETENSI NASIONAL DIII KEBIDANAN. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist). Https://doi.org/10.36911/pannmed.v16i1.1004.
Fitria, R., Serudji, J., & Evareny, L. (2019). Persiapan Uji Kompetensi Bidan Sebagai Exit Exam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(1), 195. Https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.590.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. Https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.
Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). Https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749.
Hartina, A., Tahir, T., Nurdin, N., & Djafar, M. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia (Ukni) Di Regional Sulawesi. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 2(2), 65. Https://doi.org/10.32419/jppni.v2i2.84.
Hayat, A. (2017). Kecemasan Dan Metode Pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1). Https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i1.301.
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Situasi Tenaga Keperawatan Indonesia. In Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.
Lungguh Perceka, A. (2018). Hubungan Perencanaan Dan Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Motivasi Kerja Perawat Di RS Pameungpeuk Garut Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 4(1), 59–65. Https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.004.01.9.
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., Fi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124–131.
Malisa, N. (2020). Pengaruh Bimbingan Uji Kompetensi Online Terhadap Hasil Try Out Lokal Uji Kompetensi Mahasiswa Akper Rs. Dustira. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), 56–61. Https://doi.org/10.35974/jsk.v6i1.2337.
Mediawati, E. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 5(2), 134–146. Https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4922.
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.
Natu, N. N. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ujian Kompetensi D.Iii Keperawatan Pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang Prodi Keperawatan Waingapu. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 6(2), 328–335. Https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3176.
Palingrungi, B., Kadar, K. S., & Sjattar, E. L. (2021). Faktor Prediktor Kelulusan Ujian Kompetensi Ners Indonesia: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal Of Nursing), 7(1), 97–106. Https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.704.
Perceka, A L. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1. Https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=feok96m.aaaaj&pagesize=100&citation_for_view=feok96maaaaj:wf5omc3nynoc.
Perceka, Andhika Lungguh. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Kepegawaian Dan Dukungan Fasilitas/Sarana Pendidikan Terhadap Kinerja Pelayanan Akademik Dan Kohesifitas Kelompok Pegawai Dalam Mewujudkan Perilaku Belajar Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Di Stikes Karsa Husada Garu. PEDAGOGIA, 14(2). Https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3887.
Permana, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.999.
Rangga, M., & Naomi, P. (2017). Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Paramadina, II, 1–8.
Rizqi, A. A., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Jurnal FKIP Universitas, 6(2), 1–14.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. Https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.
Setyowati, M., Dwiantoro, L., & Warsito, B. E. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial Perawat Terhadap Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(1), 61. Https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.61-68.
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties Of Adeabc And Adeijk Efflux Systems Of Acinetobacter Baumannii Compared With Those Of The Acrab-Tolc System Of Escherichia Coli. Antimicrobial Agents And Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. Https://doi.org/10.1128/aac.03728-14.
Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian.
Sultan, S., & Thane, S. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Beban Kerja Perawat Pelaksansa Terhadap Kinerja Perawat Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura 1. Sultan 2. Sevanus Thane Abstrak. The Journal Of Business And Management Research, 1(2), 93–100. Http://jurnal.uniyap.ac.id/jurnal/index.php/pasca/article/view/455.
Sumarmi, S., & Rostini, D. (2019). Manajemen Pembelajaran, Kompetensi Lulusan Implementasi Manajemen Pembelajaran Untuk Mempersiapkan Uji Kompetensi. Nusantara Education Review.
Tafdhila, Lily Marleni, A. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Keperawatan Stik The Effect Of Blood Learning On Learning Motivation In The. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 576–584. Https://doi.org/10.18196/ijnp.v1i1.3422.
Zulfiana, A., Aryani, F., & Muhammad Jufri. (2020). The Effect Of Reframing Technique On Self-Awareness On Learning Of The 7th Grade Students. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 01–08. Https://doi.org/10.26858/jppk.v6i2.13882.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)