Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35146Keywords:
Motivasi, Disiplin, Kinerja GuruAbstract
Kinerja guru dalam pendidikan sangatlah penting. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, yaitu faktor motivasi kerja dan disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara motivasi dan disiplin kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SD dengan desain penelitian (ex post facto) dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sensus/sampling dengan jumlah populasi 32 guru PNS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non tes dengan memberikan angket tertutup pada variabel motivasi dan disiplin kerja kepada guru PNS dan menggunakan PKG untuk variabel kinerja guru. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis data yang digunakan pada hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji korelasi product moment, dan pada hipotesis ketiga menggunakan uji korelasi berganda atau multivarian. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan kinerja guru dengan nilai r hitung = 0,833 r tabel = 0,334. Pada hipotesis kedua terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja guru sebesar r hitung = 0,797 r tabel = 0,334. Dan pada hipotesis ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan disiplin kerja dengan kinerja guru dengan taraf signifikansi 5% yaitu Fhitung = 57,817 Ftabel = 3,33. Dampak dari hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan disiplin kerja guru untuk mendukung peningkatan kinerja guru yang berdampak baik terhadap mutu pendidikan dan pembelajaran, sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.
References
Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1354.
Amyana, A. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2014). Korelasi Antara Disiplin Kerja, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Slbb …. Jurnal Administrasi, 5. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1328.
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11.
Azzahrati, A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 46–64. https://doi.org/10.31602/atd.v2i1.1189.
Cahyaningtyas, T. N. (2020). Analisis Dampak Pandemi Virus Corona Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas II SD Percobaan II Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 1–7. https://conference.unikama.ac.id/artikel/.
Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889.
Erman, E. (2020). In House Training Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN 5 Rakit Kulim Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3442–3449. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/884.
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.
Gea, K., & Tarigan, U. (2013). Analisis Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Nias …. Administrasi Publik: Public Administration Journal, 1(2). https://doi.org/10.31289/jap.v3i2.1351.
Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 1(1), 10–16. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/5.
Irfan, M. (2014). Pengaruh Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, I(1), 43–52.
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108.
Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Pratek. Alfabeta.
Lestri, L. (2020). Pengaruh Komitmen Kerja, Motivasi Kerja, Stres Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Kartika I-5 Padang. 2020. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11988/.
Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolaj, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2–17.
Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 15. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72.
Nugraheni, A. S., & Rahmayanti, R. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(November), 277–294.
Nurjamaludin, M. (2020). Hubungan Disiplin dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru dalam Mengajarkan IPS di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Garut. Jurnal Pedagogi Pendidikan Dasar, 7(1), 49–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/30059.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Pohan, R. (2019). Pengaruh Iklim Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.24014/au.v2i1.6680.
Priyono, Marzuki, & Soesatyo, Y. (2016). Influence Of Motivation And Discipline On The Performance Of Employees ( Studies On , CV Eastern Star Home In Surabaya ). Journal of Global Economics, Management and Business Research, 5(3), 212–220.
Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, D. B. (2020). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), 5(1), 27–39.
Rahmayanti, Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional , Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 43–55.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.
Rangga, M., & Naomi, P. (2017). Pengaruh Motivasi Diri terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Paramadina, II, 1–8.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.
Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6715.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785.
Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/ekl.v1i1.4681.
Siska, A. J. (2018). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 98–103.
Srisiska, Ahyani, N., & Missriani. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1456–1465.
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434.
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alvabeta.
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.
Syiyami. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja Dan Disiplin terhadap Kinerja Guru dengan Self Efficacy Sebagai Moderasi pada Guru SD di Kecamatan Miri Kabupaten Sragen. Program Pascasarjana STIE-AUB Surakarta.
Utami, R. H., Indiworo, R. H. E., & Cahyaningrum, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD Di Kota Blora Selama Pandemi Covid 19. JBE Jurnal Bingkai Ekonomi, 6(2), 1–11.
Wachidah, N. (2019). Pengaruh Sikap Inovatif, Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(1), 57–63.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wibowo, D. R. (2020). Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 183–192.
Windasari, W., & Yahya, M. Z. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Bangil. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 188–192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p188-192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)