Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31342Kata Kunci:
Korelasi, Kontribusi, Kreativitas, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, IPLAbstrak
Masalah penelitian ini yakni pada masa pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran tatap muka digantikan dengan pembelajaran daring. Siswa dan guru belum terbiasa belajar daring dengan berbagai aplikasi E-Learning sehingga berdampak pada hasil belajar. Untuk dapat mencapai hasil belajar yang baik siswa dituntut untuk memiliki kreativitas dan kebiasaan belajar yang baik. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan kreativitas terhadap hasil belajar IPL, hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, hubungan kreativitas dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitiannya siswa kelas XI TITL yang mengikuti pembelajaran mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket untuk melihat kreativitas dan kebiasaan belajar serta nilai rapor tengah semester untuk melihat hasil belajar IPL. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar IPL dengan nilai r hitung 0,458 dengan kategori korelasi sedang dan berkontribusi sebesar 20,97%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPL dengan nilai rhitung 0,648 dengan kategori korelasi kuat dan berkontribusi sebesar 41,99%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPL dengan rhitung 0,662 dengan kategori korelasi kuat dan berkontribusi sebesar 43,9%. Dapat disimpulkan terdapat hubungan kreativitas terhadap hasil belajar IPL, terdapat hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, dan terdapat hubungan kreativitas dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar.
Referensi
Achyanadia, S. (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ciseeng. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.447.
Botty, M. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265.
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Hendra Anggryawan, I. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(1), 19–28. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75.
Ismayani, M. R. (2013). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86.
Kuswariningsih, S. (2016). Korelasi Kebiasaan Belajar, Kreatifitas Belajar dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(3), 389–395. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(03), 103–116. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2753.
Maria Kristina Ota, Ana Maria Gadi Djou, F. F. N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.
Mastura dan Rustan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293.
Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa Indikator Smk Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 29–36. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/10607.
Ningtyas, S. A., Kuswana, W. S., & Permana, T. (2015). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Sistem Pengapian. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 130. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1163.
Nita, O. (2019). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal KIBASP, 3(1), 92–103. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i1.903.
Nurfitriyani, M. (2015). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 219–226. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.157.
Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Education, Psycology, Councelling, 2(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.
Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2), 17–28. https://doi.org/10.17977/um017v21i22016p017.
Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47.
Septiana, R., Gani, R. A., & Yuyun Elizabeth. (2018). Hubungan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 6–10. https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1128/972.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. 9(1), 1–9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)