Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788Kata Kunci:
Matematika, Problem Solving, LKPDAbstrak
Kurangnya sumber belajar sebagai fasilitas dalam kegiatan pembelajaran,mengakibatkan sulitnya siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun dan kualitas dari LKPD berbasis Problem solving pada pelajaran matematika muatan materi bangun datar. Jenis nenelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analyse, design, development, implementation dan evaluation. Subjek uji coba produk yaitu 3 orang ahli pelajaran, desain, dan media. Tahap uji coba dilakukan melalui uji coba perorangan dengan 3 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Setelah diperoleh persentase melalui beberapa tahap uji dan selanjutnya dikonversikan dengan tabel konversi tingkat pencapaian skala 5 didapatkan hasil persentase review ahli isi mata pelajaran dengan presentase 92%, ahli desain 90%, dan ahli media yaitu 93 % dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil uji coba peorangan yaitu 93,33%. Sehingga kualifikasi yang didapat sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah memenuhi syarat. Jadi dapat disimpulkan bahwa, pengembangan produk LKPD Berbasis Problem Solving sangat baik dan layak digunakan.
Referensi
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).
Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(1), 49-57.
Permana, Rakhmad Hidayatulloh. 2019. Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. detikNews (online). https://news.detik.com/berita/d-4808456/survei-kualitas-pendidikan-pisa-2018-ri-sepuluh-besar-dari-bawah. Diunduh pada 22 November 2019.
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik tematik-integratif berbasis pendidikan karakter pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).
Nurliawaty, L., Mujasam, dkk (2017) “Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Solving Polya” Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 6 nomor 1. (72-81).
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107
Bey, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 224-239.
Firli, A., Rismayani, F., P.M.T. Sitorus, B. Manuel. 2017. Implementing Mixed Method Of Peer Teaching And Problem Solving On Undergraduate Students. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (1) pp. 1-5.
Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 231-231.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3).
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.
Prastowo, A. (2016) Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Pristiwanto. (2016) “Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Untuk Meningkatkan Pemecahan Siswa Tentang Kompenen Peta” Wahana Pedagogika, Volume 2 nomor 2. (127-134).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)