Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865Kata Kunci:
Problem based learning, hasil belajar, IPA, aktivitas siswaAbstrak
Pembelajaran jarak jauh membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar karena jenuh dengan pembelajaran yang hanya menampilkan tugas dan bahan ajar melalui aplikasi WhatsApp tanpa ada penjelasan dari guru. Selain itu, hasil belajar IPA siswa kelas V dengan hasil belajar ranah kognitif belum optimal dan pembelajaran masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based learning berbantuan media audio visual. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 butir dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu persentase ketuntasan belajar dan pesentase observasi aktivitas siswa. Data diambil dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan, pada siklus I rata-rata hasil belajar 72, persentase ketuntasan klasikal 67%, dan persentase aktivitas siswa 57%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar 81,67, persentase ketuntasan klasikal 83,33% dan persentase aktivitas siswa 74%. Jadi model problem based learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V. Implikasi penelitian ini dapat memberikan dampak pada hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Referensi
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24547.
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/5400/2795.
Alwardah, N., Sitorus, K., & Nuraini. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA Terpadu, 4(2), 53–62. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/18927.
Angreiny, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.46965/ja.v18i1.43.
Anjani, N. D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dengan Media Manipulatif. Journal of Education Action Research, 5(2), 246–253. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33136.
Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253–263. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26526.
Dedy, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–9. Retrieved from http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1277/1126.
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525.
Elma, P. G. G. J., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 486–494. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29698.
Erna, E. N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI pada Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDK Watupedar. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 1–6. Retrieved from http://150.107.142.43/index.php/jpg/article/view/4095/2337.
Fitriyanti, F, F., & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 491–497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376.
Handayani, R. H., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1494–1499. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627.
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654.
Iskandar, J. (2020). Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA melalui Penggunaan Media Audio Visual Improving. Journal of Biology Education Research, 1(1), 89–97. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/3144/2087.
Iskandar, R., & Kusmayanti, I. (2018). Pendekatan Science Technology Society IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 200–215. Retrieved from http://www.universitastrilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/129/110.
Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342–350. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/28951/16495.
Kahfi, M., Setiawati, W., Ratnawati, Y., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Imliah Mandala Education, 7(1), 84–89. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1636/1474.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.
Kusumawati, V. V., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(April), 25–34. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1088.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869.
Nurdin, H. S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Education Studies, 1(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/118/62.
Nurparida, & Srirahayu, E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS. Al Yusufiah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 155–162. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1628/1452.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/544/pdf.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.
Prasedari, L. P. E., Pujdawan, K., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771.
Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10711/6814.
Rahman, A., Khaeruddin, & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/201/165.
Sa’ria, S., Syuba, F., & Ngazizah, N. (2021). Penilaian Keterampilan Proses Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 1–14. Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1607/1462.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.
Yasmini, I. G. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Education Action Research, 5(2), 159–164. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)