Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui perbedaan disiplin antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis masalah dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik, 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis masalah dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik, 3) untuk mengetahui perbedaan disiplin dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis masalah dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent post-test only control group design. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus XII Banyuasri Buleleng yang berjumlah 218 orang dan sempel penelitian berjumlah 74 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode non tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) terdapat perbedaan disiplin antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berbasismasalah dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis masalah dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, 3) terdapat perbedaan secara simultan disiplin dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berbasis masalah dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05.Downloads
Published
2020-04-26
How to Cite
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)