Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Pre-Test Post Test Control Group Design untuk variabel keaktifan belajar IPA siswa dan One Shot-Case Study untuk variabel hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini sebanyak 198 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 25 orang (eksperimen) dan 21 orang (kontrol). Sampel diambil dengan teknik random selection. Keaktifan belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan angket kuesioner dan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik inferensial (uji T sampel beda untuk uji hipotesis 1 dan uji T Bruning untuk uji hipotesis 2) dengan bantuan program SPSS 25.0 for Windows. Hasil analisis data uji hipotesis 1 diperoleh nilai (Sig. (2-tailed)) = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dan uji hipotesis 2 diperoleh nilai (Sig. (2-tailed)) = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA siswa.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 253–263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)