Perangkat Pendidikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Berbasis Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.52898Kata Kunci:
Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pendidikan, Perangkat PendidikanAbstrak
Teknik ceramah dianggap kurang berdaya guna karena interaksi mahasiswa dengan dosen belum terlaksana dengan baik, sehingga saat dosen mempresentasikan substansi perkuliahan mahasiswa kurang fokus, mudah bosan dan sambal mengerjakan tugas yang lain. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan perangkat pendidikan kesehatan dan keselamatan kerja berbasis interaktif. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 4 pakar dan mahasiswa tingkat I sebanyak 30 orang dan uji kelompok kecil dilaksanakan pada mahasiswa tingkat II sebanyak 9 mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perolehan evaluasi ahli substansi bermula dari perspektif pendidikan dan substansi pendidikan 4,35 tergolong cukup menggunakan alat pendidikan. Penilaian ahli perangkat dari segi bentuk (presentasi) dan desain perangkat diperoleh nilai 4,21 yang tergolong cukup. Tanggapan evaluasi siswa ditinjau dari segi desain, tampilan (presentasi), substansi dan kegunaan yaitu: perolehan 47% siswa menyatakan menarik perangkat pendidikan dalam kategori sangat baik dan 53% menyatakan baik sebagai perangkat pendidikan. Hasil percobaan kelompok dengan jumlah yang besar adalah 4,146, dengan 37% siswa menyatakan alat pendidikan yang dikelompokkan sangat baik dan 59% siswa menyatakan baik. Hasil menunjukkan perangkat pendidikan kesehatan dan keselamatan kerja berbasis interaktif layak digunakan.
Referensi
Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380.
Andilala, A., & Marhalim, M. (2019). Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pseudocode, 6(2), 172–180. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.172-180.
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75.
Ariantini, N. S., Kurniati, D. P. Y., & Duarsa, D. P. (2019). Needs for Reproductive Health Education for Deaf Students in Singaraja District, Bali Province. Indonesian Journal of Health Research, 2(2), 75–83. https://doi.org/10.32805/ijhr.2019.2.2.51.
Azrina, N., & Latifah, S. (2020). Analisis Media Pembelajaran Berbasis E-Learning di Masa Pandemi Covid-19 pada Guru SD/MI di Jember. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 81–93. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.76.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.
Harison, & Faisal, R. (2017). Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen pada Proses Belajar Mengajar Berbasis Web: Studi Kasus di Badan Penjamin Mutu Internal Institut Teknologi Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(2), 89–93. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.2.2017.90-94.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.
Hary, R. D., & Maulana, I. T. (2019). Upaya Peningkatan Penerapan Ipteks Melalui Pelatihan dan Peningkatan Kualitas Guru Serta Nilai Tambah Jasa Pelayanan Di SLB. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(1), 77 – 87. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.4199.
Kaya, H., Şenyuva, E., & Gönül Bodur. (2018). The relationship between critical thinking and emotional intelligence in nursing students: A longitudinal study. Nurse Education Today, 68, 26–32. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.05.024.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.
Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45–51. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.5.
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99–109. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236.
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194.
Wirantini, N. P. N., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Topik Siklus Air. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46558.
Wulandari1, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3043. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1205.
Zulham, M., & Sulisworo, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 132–141. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1308.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Andhika Lungguh Perceka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)