Model Contextual Teaching Learning dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58340Keywords:
contextual teaching learning, kompetensi pengetahuan, MatematikaAbstract
Hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi pengetahuan dalam mata pelajaran matematika belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model contextual teaching earning terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD sebanyak 189 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 7 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan siswa berjumlah 32 orang kelompok eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif. Data dianalisis dengan uji anakova. Hasil analisis data yaitu Fhitung sama dengan 50,238 lebih dari Ftabel sama dengan 4,013 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 56, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model CTL dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model CTL setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test). Nilai rata-rata post-test kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 88,125 lebih dari kelompok kontrol adalah 75,259. Dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching learning (CTL) berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test) siswa kelas II SD.
References
Afifah, A. N., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Video Based Learning terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas II SDN Cilangkap 01 Pagi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2905–2916. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1489.
Antari, N. K. D., & Agustika, G. N. S. (2020). Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Mimbar Ilmu, 25(2), 61. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25847.
Apriani, M. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 7 Kayuagung. JS (Jurnal Sekolah), 7(1), 112. https://doi.org/10.24114/js.v7i1.37109.
Armin, R., & Astuti, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 178–183. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455.
Armin, R., & Purwati, W. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 81–86. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.394.
Aziz, L. A., Wardani, T. K., & Yuntawati, Y. (2022). Pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 9. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.5812.
Christianti, M. R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14707.
Christiawati, N. M. D., & Darsana, I. W. (2020). Pengaruh Model Situation-Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 4(1), 112. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24390.
Desi Putrianasari, D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran - Kabupaten Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p57-77.
Dewi, A. A. I. M. U., Manuaba, I. B. S., & Kristiantari, M. . R. (2020). Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28894.
Dharma, I. P. W., Kusmariyanti, N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 110–121. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22231.
Febria Wulandari, Harun, M., & Firman, F. (2020). Pengaruh Pendekatan Ctl Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas IV Berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253. https://doi.org/10.31227/osf.io/tq53w.
Gupitararas, B. N., & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Model Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 313–320. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.205.
Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.
Huda, W. (2021). Pengaruh Model Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 507–522. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.319.
Mega Lestari, N. K., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan. Mimbar Ilmu, 23(2), 123–132. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16418.
Purnawan, I. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15404.
Radiana, P. R., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28906.
Ridwan, A. (2021). Pengaruh Model Pendidikan Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 3 Parepare. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 68–75. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1215.
Romaliyana, R. Y., Putra, M., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 22–32. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22235.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Ke-4). Prenadamedia Group.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970.
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89.
Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864.
Wibisana, I. K., Kusmariyatni, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 66. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20807.
Widiasih, N. L. N. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 102–109. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14717.
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311.
Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun, Z. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2864.
Wira Dharma, I. P., Kusmariyatni, N., & Nyoman Sudana, D. (2018). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 75–85. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892.
Yuliani, N. L. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V Sd Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14721.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Gusti Ayu Putu Lisa Putri, I Wayan Wiarta, Ni Nyoman Ganing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)