PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16394Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IVA di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus adalah tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 4 Kampung Baru, yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan denganmetode tes. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar pada siswa kelas IVA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Berdasarkan tes hasil belajar, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPS diperoleh sebesar 80,77 dengan kategori tinggi. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata hasil belajar IPS diperoleh sebesar 86,37 dengan kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan gains skor, kualitas peningkatan hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 0,16 dengan predikat rendah dan siklus II sebesar 0,46 dengan predikat sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa siswa kelas IVA di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS
References
Agung, Anak Agung Gede. 2016. Staristika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindalak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Awan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.
Kurniawasih, Imas dan Berlin Sani. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Lewis, Ramon. 2012. “The Effects of Jigsaw Learning on Students’ Attitudes in a Vietnamese Higher Education Classroom”. International Journal of Higher Education. Vol. 1, No. 2 (hlm. 9-20).
Mahadewi, Luh Putu Putrini, dkk. 2006. Media Video Pembelajaran. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014a. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta PT Bumi Aksara.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Supryadi, Pt. Eka. 2013. “Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. Tersedia: http://ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JJPGSD/article/view/1492/1353.Diakses, 07 pebruari 2018.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susilowati, Sri. 2012. “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pasa Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Jigsaw pada Kelas VII H Semester Gasal SMP 2 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013”. Media Penelitian Pendidikan. Vol. 6, No. 2 (hlm. 45-59).
Tjandra, Made, dkk. 2005. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Bahan Ajar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIPN Singaraja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.