PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI

Authors

  • Ni Made Yuli Utami Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Kusmariyatni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA sebelum dan setelah mengontrol motivasi berprestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 70 siswa dan sampel berjumlah 44 siswa dengan teknik random sampling. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t sampel independent dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikitan terhadap hasil belajar IPA sebelum mengontrol motivasi berprestasi siswa (thitung = 5,754 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05) dan setelah mengontrol motivasi berprestasi siswa (Fhitung = 22,090 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Dilihat dari skor rata-rata, diketahui bahwa skor rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan skor rata-rata kelompok kontrol (22,46 > 15,83). Jadi model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran ditinjau dari motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Semester II Gugus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kolaboratif, Motivasi Berprestasi, Peta Pikiran

References

Andriani, Riza, dkk. 2015. “Differences of Student Attitude in Collaboration based on Gender in Physics by Using Collaborative Learning Model in 10th Grade Madrasah Aliyah AL Ihsan Boarding School Kampar”. Universitas Riau (hlm. 1-15).

Arini, Ni Wayan, dkk. 2014. Pembelajaran Terpadu Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kadir, Abdul. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kartika, Ni Made Dwi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA”. e-Journal PGSD Undiksha. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-11).

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Khusniati, M., S.D. Pamelasari. 2014. Penerapan Critical Review terhadap Buku Guru IPA Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII Vol. 3 No. 2 Hal. 168-176. Tersedia ada : http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii.

Lestari, Gusti Ayu Made, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping terhadap Pemahamn Konsep IPA Siswa”. e-Journal Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 3 (hlm. 1-10).

Marhamah, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, Volume 2, Nomor 3 (hlm. 277-282).

Office for Professional Development. 2006. Bloom’s Taxonomy “Revised” Key Word, Model Question, and Instructional Strategies. USA: Indiana University. Tersedia pada www.center.iupui.edu/ctl/idd/docs/ Bloomrevised.doc. (diakses pada tanggal 6 Januari 2018).

Primadiati, Ika Dewi dan Djukri. 2017. “Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Prima Edukasia. Volume 5, Nomor 1 (hlm 47-57), ISSN: 2460-9927.

Purnamawati, Hendra Jaya. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Melalui Pendekatan CSCL (Computer Supported Collaborative Learning) pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Mekom, Vol.3 No.2 Hal.167-185. Tersedia Pada : https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/2609.

Santoso, Singgih. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri Jawa Tengah”. Berkala Fisika Indonesia, Volume 5, Nomor 1 (hlm. 15-19).

Sato, Manabu. 2014. Mereformasi Sekolah Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Tokyo: Tokyo Publisher.

Suarni, Ni Ketut. 2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates. Disertasi Yogyakarta. PPS UGM Yogyakarta.

Sukada, dkk. 2013. “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.

Trianandika, I Komang Cahya. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA”. e-Journal PGSD Undiksha, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-10).

Tiballa, Meida Dwi Sana, Dewa Nyoman Sudana, I Ketut Gading. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Hal. 1-10. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10718.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 139–151. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178

Most read articles by the same author(s)