PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Panji Setiawan, I Dewa Nyoman Sudana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 4 Kaliuntu. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam penyampaian materi, guru tidak menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang menyebabkan ada siswa yang terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 4 Kaliuntu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus mempunyai tahapan diantaranya tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.  Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Sebelum dilaksanakan penelitian, nilai rata-rata matematika siswa yang diambil dari nilai semester I adalah 67,98. Pada siklus I dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rata-rata adalah 78,42 dan persentase ketuntasan klasikal 92%. Target penelitian pada siklus I masih belum tercapai sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada pelaksanaan siklus II diperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I sehingga nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan menjadi 82,94 dengan persentase ketuntasan klasikal 100 %. Hal ini menunjukkan bahwa target penelitian telah tercapai pada siklus dua yaitu nila rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan PAP masuk dalam kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa  penggunaan model pembelajaran kontekstual  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 4 Kaliuntu Tahun 2017/ 2018.

Kata-kata Kunci     : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statiska Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Anonim. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Anonim. Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Jakarta: Sekretariat Negara.

Alkusaeri. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Matematika. Banjarnegara: Yazido Press.

Aqib, Zainal. 2013.Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Balai Pustaka. Jakarta.Karso,dkk. 2007. Pendidikan Matematika. Banten. Universitas Terbuka.

Erci, Sarjan N. Husain dan Lestari MP Alibasyah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan CTL di Kelas V SD Inpres 03 Terpencil Baina’a. Palu: Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6.

Glynn, Shawn dan Linda K. Winter. 2004. Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Western Illinois University: Journal of Elementary Science Education, Vol. 16, No. 2 (Fall 2004), pp. 51-63.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mikarsa, Hera L., dkk. 2008. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang : Universitas Negeri Malang.

Nurkencana, Wayan dan Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Arruzz Media.

Sapriati, A. dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD.Jakarta: Universitas Terbuka.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparman, Lalu, A.A.I.Ngurah Marhaeni dan Nyoman Dantes. 2013. The Effect Of Contextual Teaching And Learning Approach And Achievement Motivation Upon Students‘ Writing Competency For The Tenth Grade Students Of SMAN 1 Keruak In The Academic Year 2012-2013. Singaraja: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Volume 1.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.