Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis

Authors

  • Ni Putu Mega Ari Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035

Abstract

Rendahnya pencapaian keterampilan menulis permulaan siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung kurang efektif. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model make a match berbantuan media puzzle suku kata terhadap keterampilan menulis permulaan siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan the post test only no-treatment control group design. Populasi yang dilibatkan ialah seluruh kelas II SD sebanyak 384. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel secara keseluruhan ialah 53 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampian menulis permulaan Bahasa Indonesia. Data post-test keterampian menulis permulaan Bahasa Indonesia dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 5,406 dan pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan = 51 diperoleh ttabel = 1,675. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Disimpulkan bahwa model pembelajaran model make a match berbantuan media puzzle suku kata berpengaruh secara signifikan terhadap kerterampilan menulis permulaan siswa kelas II SD yang disebabkan karena pembelajaran dengan menggunakan model make a match berbantuan media puzzle suku kata berimbas yang posistif terhadap kerterampilan menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa SD melalui tahapan-tahapa dalam proses pembelajaran yang melatih peserta didik untuk berlatih menulis dan dengn bantuan media yang interaktif membuat siswa menjadi lebih mudah mempelajari dan menulis materi yang sedang dipelajari.

Author Biographies

Ni Putu Mega Ari Utami, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Nyoman Ganing, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ahsin, M. N. (2016) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning’, Refleksi Edukatika, 6(2), Pp. 158–171. Doi: 10.24176/Re.V6i2.607. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607

Antara (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kepercayaan Diri’, 24(3), Pp. 277–286. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21418

Aprelia, D. A. And Baedowi, S. (2019) ‘Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi’, Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkanketerampilan Menu;Lis Narasi, Pp. 237–244.

Chandra, Mayarnimar And Habibi, M. (2018) ‘Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), Pp. 72–80. Doi: 10.24036/Jippsd.V2i1.100050. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100050

Dayantari, Renda2, N. T. And Antari3, N. N. M. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan ( Make A Match ) Terhadap Hasil’, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd, (1).

Dianayanti, P. And Sumantri, M. (2020) ‘Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips’, 8(2), Pp. 170–180. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19509

Dwitha Evayanti, A. M. And Sumantri, M. (2017) ‘Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas Iiia’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), P. 42. Doi: 10.23887/Jisd.V1i1.10124. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10124

Floryantini, Sudana, D. N. And Sumantri, M. (2019) ‘Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V’, Mimbar Ilmu, 24(1), Pp. 114–123. Doi: 10.23887/Mi.V24i1.17468. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468

Fuad, Z. And Helminsyah (2018) ‘Language Experience Approach Sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), Pp. 164–174.

Gusti (2017) ‘Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar Gusti Yarmi Pgsd Universitas Negeri Jakarta’, 31(1), Pp. 1–6. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.311.1

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ignacio, J. And Orso, D. (2016) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Harian Siswa’.

Kd. Meta Dewi, I. M. P. I. B. S. M. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 18 Pemecutan’, Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). Available At: Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/1556.

Khomsoh, R. And Gregorius, J. (2017) ‘Penggunaan Media Puzzle Suku Kta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa’, Pp. 1–11.

Krisdayanti, P. S. And Kusmariyatni, N. (2020) ‘Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Minat Baca’, 4(1), Pp. 159–169.

Kuswari, R. (2020) ‘Keefektifan Model Make A Match Dengan Media Rorumat Matematika Terhadap’, 24(1), Pp. 20–27. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17406

Latae, Sahruddin And Muhsin (2019) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode Sas Siswa Kelas 1’, Journal Of Petrology, 369(1), Pp. 1689–1699. Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.

Lipson, A., Lispson, S. . And Lipson, H. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar’, Cambridge University Press, 53(9), Pp. 1689–1699. Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mamun, S. (2018) ‘Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika’, Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 1(1), Pp. 70–76. Doi: 10.24905/Jppm.V1i1.20. DOI: https://doi.org/10.24905/jppm.v1i1.20

Mardiyah (2016) ‘Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah Iain Raden Intan Lampung)’, Terampil, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), Pp. 261–281. Available At: Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?...Keterampilan Menulis Bah...

Mariana, M. (2017) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Penerapan Kegiatan Menulis Jurnal Dan Pemanfaatannya Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Kota Tebing Tinggi’, School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), Pp. 96–104. Doi: 10.24114/Sejpgsd.V7i1.6841. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6841

Merta And Wibawa (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam’, Pp. 189–197.

Muliani And Manuaba (2018) ‘Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap’, 1(1).

Nevyanti, R. U. And Respati, R. (2018) ‘Media Puzzle Suku Kata Dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (Mmp) Di Kelas I Sekolah Dasar’, Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), Pp. 189–198. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Nuryamah, I., Sunarya, D. T. And Irawati, R. (2018) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris’, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris, 1(1), Pp. 761–770. Doi: 10.17509/Jpi.V1i1.3566.

Paramitha, W. And Tegeh (2020) ‘Kolaborasi Teknik Picture And Picture Dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar’, 25(2), Pp. 79–89. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26006

Parendra, Wirya And Ngurah, J. (2019) ‘Pemanfaatan Media Karikatur Untuk Meningkatkan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd’.

Porter, J. Et Al. (2017) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik Di Kelas 1 Sd’, Disability And Rehabilitation, 20(1), Pp. 87–108. Doi: 10.1080/14768320500230185. DOI: https://doi.org/10.1080/14768320500230185

Prayitno (2019) ‘Menumbuhkembangkan Keterampilan Menulis Anak Sekolah Dasar’, Pp. 1–9.

Pudjawan, Rahayu And Resmini (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), Pp. 201–211. Doi: 10.23887/Paud.V7i1.18748. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18748

Rishantie, S. A. (2018) ‘Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melaui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang’, Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), Pp. 1689–1699. Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rojaki (2016) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas X 3 Sma Negeri 2 Sekayu Musi Banyuasin, Sumatera Selatan’, Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(2).

Setiawan, B. A. (2017) ‘Pengaruh Media Puzzle Aksara Jawa Terhadap’, Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1), Pp. 13–16. DOI: https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3874

Sismulyasih Sb, N. S. S. (2017) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), P. 64. Doi: 10.33578/Jpfkip.V4i1.2724. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2724

Sukarja, W. (2019) ‘Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi’, 24(3), Pp. 338–344. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21468

Wangid, M. N. (2018) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di Sdn 3 Sakra’, Jurnal Prima Edukasia, 2(1), P. 1. Doi: 10.21831/Jpe.V2i1.2640. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2640

Wardhiana, S., Sri Asri, A. And Suniasih, W. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipesnowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan’, Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4378

Widyari, Ganing, N. N. And Sri Asri, I. G. A. A. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Teks Dialog Terhadap Kompetensi Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia’, Mimbar Ilmu, 23(2), Pp. 95–103. Doi: 10.23887/Mi.V23i2.16415. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415

Wulandari Siska, Y. T. S. (2019) ‘Pembelajaran Menulis Permulaan Melalui Metode Abjad’, Jurnal Ilmiah Pgmi, 2(1), Pp. 349–374. Available At: Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Jip/Article/View/668. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v1i2.668

Yanti, D. A. S., Agung, A. A. G. And Suwatra, I. I. W. (2019) ‘Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Ubud’.

Downloads

Published

2020-07-19

How to Cite

Ari Utami, N. P. M., Ganing, N. N., & Rini Kristiantari, M. G. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035

Issue

Section

Articles