Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Muatan IPA (Ekosistem) Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • I Dewa Ayu Tria Waisakanitri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58651

Keywords:

Problem Based Learning, Komik Digital, Media Pembelajaran

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media penunjang pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang sudah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media komik digital berbasis problem based learning pada muatan IPA (ekosistem) kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Subjek uji pada penelitian pengembangan ini terdiri dari 1 ahli isi/materi pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil uji ahli rancang bangun sebesar 90,9% (sangat baik), uji ahli isi/materi pelajaran sebesar 93,3% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran sebesar 90,9%, uji ahli media pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 95,83% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 91,1% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sama dengan 3,69, sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebesar 2,021. Hal ini berarti thitung lebih dari ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik digital berbasis model problem based learning efektif diterapkan pada muatan IPA (ekosistem) kelas V.

References

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. B. S., & Putra, D. B. K. N. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepktif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Amaringga, N. G., Amin, M., & Irawati, M. H. (2021). The effect of problem-based learning module containing research result to improve students’ scientific literacy. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2330). https://doi.org/10.1063/5.0043529. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0043529

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Aprilla. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2). https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042

Arsil. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905

Aryanitha, N. P. A., & Agung, A. A. G. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Materi Otot Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 161–172. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/HALAQA.V3I1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darmayanti, N. K. D., & Surya Abadi, I. B. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 170–179. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481

De Berg, A. (2016). Students as producers and collaborators: exploring the use of padlets and videos in MFL teaching. Innovative Language Teaching and Learning at University: Enhancing Participation and Collaboration, 59–64. https://doi.org/10.14705/rpnet.2016.000405. DOI: https://doi.org/10.14705/rpnet.2016.000405

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680

Dewi, N. R., Kannapiran, S., & Wibowo, S. W. A. (2018). Development of digital storytelling-based science teaching materials to improve students’ metacognitive ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12718. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12718

Erayani, L. G. N., & Jampel., I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 248–258. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48525

Febbriana, I. M. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1), 149–156. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737.

Firmansyah, F. H., Fajriyah Aldriani, S. N., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783. DOI: https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 – 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Husein, S., Gunawan, Harjono, A., & Wahyuni, S. (2019). Problem-Based Learning with Interactive Multimedia to Improve Students’ Understanding of Thermodynamic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012028. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012028

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Iswinarti, & Suminar, D. R. (2019). Improving children’s problem-solving skills through javanese traditional games. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 578–589. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.25331. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.25331

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kiriana, I. N. (2021). Increase Student Learning Interest in Covid-19 with Digital Teaching Materials. Journal of Education Technology, 5(2), 322. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33997. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33997

Kusuma, R. (2011). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta: Pendekatan Kualitatif. Jurnal Fisip Umrah, 1.(1), 287–295. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.

Laksmi, N. L. P. A, & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911.

Laksmi, Ni Luh Putu Ari, & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Mahendra, E. R., Siantoro, G., & Pramono, M. (2021). Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 9(1), 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Mudiartana, I. M., Margunayasa, I. G., & Divayana, D. G. H. (2021). How is The Development of Valid and Practical Android-Based Local Wisdom Teaching Materials? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 403. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38176. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38176

Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832–843. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540

Ningrum, K. D., Utomo, E., Mariani, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, January. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344

Nugraha, T., Fuadah, U. S., & Amalia, A. (2020). Aplikasi Discovery Learning Menggunakan Tali ( Track A Line Idea ) untuk Mendeteksi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 9–17. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087

Pinatih, A. S. C., & Putra, D. B. K. N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Pratiwi, M. S., Zulherman, & Amirullah, G. (2021). The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen. StaiaPress.

Putra, P. W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 175–185. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of Problem- Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students’ Critical Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410

Riwu, I. U., Laksana, D. N. ., & Dhiu, K. . (2018). Pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jasisfo/article/view/3342.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sukadana, I. K., & Japa, I. G. N. (2021). Improving Students ’ Understanding of Animals ’ Movement Organs Through VideoScribe-based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.36205

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279.

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Tegeh, I. M. dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9. DOI: https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Widayanti, N. M. A. G., Sudarma, I. K., & Suarjana, I. M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD. MIMBAR PGSD, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7078. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376

Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Mimbar Ilmu, 26(3), 355. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893

Yanti, F. (2019). Analisis Komik Web Karya Wildan Ridho Sajali. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 9(1), 24. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v9i1.18947. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpsp.v9i1.18947

Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.4. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41452

Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the Interactive Multimedia in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Waisakanitri, I. D. A. T., Ganing, N. N. ., & Wulandari, I. G. A. A. . (2023). Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Muatan IPA (Ekosistem) Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 57–70. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58651

Issue

Section

Articles