Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Made Wruh Dharwisesa, I Wayan Widiana, I Made Tegeh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SD kelas IV. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent post test  only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, yang berjumlah 5 kelas dengan siswa 131 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Patas dengan jumlah siswa 44 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Patas dengan jumlah siswa 42 orang, yang ditentukan dengan teknik simplerandom sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes menulis. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, dengan nilai thitung sebesar 35,71 dan ttab sebesar 2,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, model pembelajaran TTW berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD.


Full Text:

PDF

References


Agustina, D. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).

Ainiyah, Q. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Nurul Islam Pongangan. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Amirul, F. (2017). Pengertian Model Pembelajaran Think Talk Write. http://fatkhan.web.id/pengertian-model-pembelajran-think-talk-write/

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran Cetakan IV. Rajawali Pers: Jakarta.

Badudu, J. S. (1996). Pintar Berbahasa Indonesia 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S. B. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitri, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 548–554.

Hikmawati, R. K. (2013). Keefektifan Strategi Pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X. Universitas Negeri Semarang.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaya, M. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X EI 2 SMK Negeri 2 Singosari. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.

Khusna, A. (2017). Penerapan model pembelajaran think talk write (TTW) berbantu media cd interaktif pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 136–148.

Kurniawati, A. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mustika, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Merakit Personal Computer Kelas X SMK Sejahtera. Universitas Negeri Jakarta.

Nasional, P. M. P. (2006). Standar Isi Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Nomor.

Putra, N. A. (2011). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Yunita, I. (2017). Korelasi antara Penggunaan Media Gambar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV. Tanjungpura University.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257

Article Metrics

Abstract view : 526 times
PDF file view : 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.