Video Animasi Berpendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.57827Keywords:
video animasi, pendekatan saintifik, IPAAbstract
Adanya pandemi Covid-19 guru memberikan penugasan melalui lembar kerja siswa seperti platform google form, telegram, whatsapp group. Guru masih menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah sehingga menimbulkan kebosanan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video animasi berpendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA kelas VI. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari satu orang ahli isi pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran, satu orang ahli media pembelajaran, tiga orang uji coba perorangan dan enam orang uji coba kelompok kecil. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Hasil penelitian yaitu uji ahli isi pembelajaran dengan validitas 95 %, ahli media dengan 89 % (Baik), ahli desain pembelajaran dengan 81 % (Baik), uji coba perorangan 93 % (sangat baik), dan uji coba kelompok keil 88 % (baik). Disimpulkan bahwa produk media video animasi berpendekatan saintifik ini layak digunakan pada proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan media video video animasi berpendekatan saintifik dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231–247. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/949.
Ahmet, A., Gamze, K., Rustem, M., & Karaborklu Argut, S. (2018). Is Video-Based Education an Effective Method in Surgical Education? A Systematic Review. Journal of Surgical Education, 75(5), 1150–1158. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014
Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pela jaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96
Artawan, I. P., Arini, N. W., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Proses Mengomunikasikan Dalam Model Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(2), 111. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21715. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21715
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202
Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497
Diawati, L. P., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Fisabilillah, F. F. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562
Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran IPA dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916–1927. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24661.
Garbe, A., Ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45–65. https://doi.org/10.29333/ajqr/8471. DOI: https://doi.org/10.29333/ajqr/8471
Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. (2019). Guided Inquiry Model Through Virtual Laboratory To Enhance Students’ Science Process Skills On Heat Concept. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345
Hakim, L. (2021). Manajemen Program Kelas Unggulan untuk Meningkatkan Citra Madrasah Tsanawiyah 1 Kabupaten Madiun (Vol. 2, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.37
Hapsari, G. P. P, & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Hapsari, Gita Permata Puspita, & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hashim, S., Masek, A., Abdullah, N. S., Paimin, A. N., & Muda, W. H. N. W. (2020). Students’ intention to share information via social media: A case study of COVID-19 pandemic. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 236–245. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24586. DOI: https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24586
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p110.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Maison, M., Haryanto, H., Ernawati, M. D. W., Ningsih, Y., Jannah, N., Puspitasari, T. O., & Putra, D. S. (2020). Comparison of student attitudes towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 54–61. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20394. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20394
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.
Motivation, L. (2021). Development of Motion System Animation Videos (SkelToon) to Increase Learning Motivation. Journal of Biology Education, 10(1), 77–88. https://doi.org/10.15294/jbe.v10i1.43941.
Nurfitriana, A., Enawaty, E., Harun, A. I., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2022). Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Perkembangan Model Atom. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2434–2453. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2032. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2032
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355
Puspita, P. M., Wirya, N., & Antara, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7809.
Putriningsih, N. K, & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.
Putriningsih, Ni Komang, & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
Rohmawati, S., Sihkabuden, & Susilaningsih. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 205–212.
Rositayani, N. P. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Savitri, E. N., Amalia, A. V, Prabowo, S. A., Rahmadani, O. E. P., & Kholidah, A. (2021). The Effectiveness of Real Science Mask With QR Code On Student’s Problem-Solving Skills and Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 209–219. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29918. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29918
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Setiawan, I. M. D., & Arnawa, I. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(4), 269. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363
Stoll, J. A., Ranahan, M., Richbart, M. T., Brennan-Taylor, M. K., Taylor, J. S., Brady, L., & Singh, R. (2021). Development of Video Animations to Encourage Patient-driven Deprescribing: A Team Alice Study. Patient Education and Counseling. https://doi.org/10.1016/j.pec.2021.03.041. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pec.2021.03.041
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Multimedia Pembelajaran. Undiksha.
Sudarma, I., Tegeh, & Prabawa. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.
Sukarini, K, & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Sukarini, Komang, & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Suparlan. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia, 1(2), 93–115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104
Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640
Wang, C., & Zhao, H. (2020). The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students. Frontiers in Psychology, 11, 1168. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01168. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01168
Wijayanti, P. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Matematika Dengan Bantuan Videoscribe Melalui E-Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 147–156. https://doi.org/10.30738/.v6i2.1566. DOI: https://doi.org/10.30738/.v6i2.1566
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dina Athala, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, I Made Tegeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.