Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis untuk Kelas V SD

Authors

  • Dewa Gede Widhya Surya Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Arini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29435

Abstract

Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas guru tidak menekankan pada aspek berpikir kritis dalam proses pembelajaran, ini dikarenakan kurangnya pengetahuan guru mengenai kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, maka perlu dikembangkan tes yang standar untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan untuk mengetahui kualitas tes berpikir kritis yang dikembangkan untuk semester genap kelas V SD ditinjau dari validitas isi dan reliabilitas butir tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D Thiagarajan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pencatatan dokumen, observasi, dan lembar validasi ahli. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas isi dan uji reliabilitas instrument tes. Hasil uji validitas isi yang didapatkan sebesar 0,937, yang berada pada katagori sangat tinggi yaitu pada rentangan 0,80-1.00. Sedangkan hasil uji reliabilitas istrumen tes dioeroleh sebesar 0,92 dan berada pada katagori sangat tinggi yaitu berada pada rentangan 0,80-1,00. Hal ini berarti, tes kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan dapat digunakan sebagai tes standar dalam  mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada tema delapan, sub-tema tiga.

Author Biographies

Dewa Gede Widhya Surya Pratama, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Kadek suranata, Universitas Pendidikan Ganesha

BK

Ni Wayan Arini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Hartanto. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pelajaran Tematik. Akrab Juara, 5(1), 43–54.

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Made, N., Widyastini, T., Riastini, P. N., & Sudana, D. N. (2017). Semester Gasal Kelas Iv Sd. 5 No: 3 Tahun: 2017.

Manfaat, B., & Nurhairiyah, S. (2013). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Statistik Mahasiswa Tadris Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.41

Marfilinda, R., Fitria, Y., & Marsidin, S. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7 E Dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 84. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.84-97

Mas’ula, N., & Rokhis, T. A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i1.1823

MUKTI, T. S., & ISTIYONO, E. (2018). Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 105–110.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Nuriani, N. R. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat, 1(1), 8–18. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.233

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional, 160–175.

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum. Deepublish.

Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD Dalam Mendesain Soal Tes Bentuk Uraian Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. 3.

Suryadi, A. (2020). Pengembangan Kurikulum. CV Jejak.

Wijayanti, A. I., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA Di 3 SD Gugus X Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Pratama, D. G. W. S., suranata, K., & Arini, N. W. (2020). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis untuk Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 492–500. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29435