Pengembangan Media Scrapbook Model Dick and Carey Berorientasi Cerita Rakyat pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Ayu Puriasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32267

Abstract

Kegiatan pembelajaran PPKn di sekolah dasar umumnya hanya menggunakan media berupa buku ajar dan dibelajarkan secara konvensional, sehingga siswa merasa bosan saat kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan rancang bangun dan validitas pengembangan media Scrapbook berorientasi cerita rakyat muatan pelajaran PPKn sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick and Carey yang disederhanakan menjadi 8 tahapan. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V pada tahap uji coba perorangan dan coba kelompok kecil. Metode dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa kuisioner/angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pada uji ahli isi muatan pelajaran memperoleh hasil 91,66% dengan kategori sangat baik, uji validitas ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 96,42% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh hasil 88,90% dengan kualifikasi baik, uji coba perorangan memperoleh hasil 94,16% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 95,27% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook yang berorientasi cerita rakyat ini layak digunakan pada muatan pelajaran PPKn kelas V sekolah dasar.

Author Biographies

Kadek Ayu Puriasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Angraini, R. (2017). Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.24036/8851412020171116. DOI: https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Anshari, M. P. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Menghargai Keputusan Bersama Melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas V SDN 1 Ayuang Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Langsat, 5(2), 39–44. https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/522.

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819

Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). Peningkatkan Kompetensi Literasi Antiradikalisme Melalui Penulisan Cerita Rakyat Dengan Aplikasi Baboo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77–82. https://journal.trunojoyo.ac.id /metalingua/article/view/6134. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6134

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentuk Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26. https://doi.org/10.26499/jentera.v6i1.334. DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v6i1.334

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305

Laksmi, N. P. M. A., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(1), 20–31. http://dx.doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Tika Damayani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19411.

Marisa, A., Haddar, G. Al, & Salim, N. A. (2020). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 1(2), 9–15. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/637.

Ningrum, F. U., & Widodo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pelajaran Tematik Tema 1 Materi Lambang Negara Garuda Pancasila Untuk Siswa Kelas 3 Di SD Muhammadiyah 22 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/31684.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/ terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Purwatiningsih, H. (2020). Efektivitas penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 313–320. http://prosiding.unipma. ac.id/index.php/KID/article/view/1586.

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49. http://dx.doi.org/10.31602 /muallimuna.v4i1.1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Sari, I. P., Yuliantini, N., & Pebrian, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.336-344. DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.229-236

Sulistyowati, T., Sugiharto, M. A., & Kumalasari, L. D. (2021). Pendampingan Pembelajaran Siswa Pada Era Pandemi Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 569–576. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.812.

Sumayati, B. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Muatan Pkn Materi Pengambilan Keputusan Bersama dengan Metode Bermain Pran pada Siswa Kelas V SD Negeri Dondak Kec. Pujut Kabupaten Lombok TengahTahun Pelajaran 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i1.1020. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v4i1.1020

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD, 10(2), 66–72. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Susila, I. N. A., & Karmini, N. N. (2019). Nilai-Nilai Pancasila Dalam Cerita Rakyat Bali Sebagai Pembelajaran Dan Penanaman Karakter Bangsa. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 18(1), 131–147. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/suluh-pendidikan/article/view/99.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Kelas I Sd N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik, 2(1), 26. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986. DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986

Wahyuni, A., & Sulistiyono, R. (2017). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media scrapbook untuk siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pakel Yogyakarta. Seminar Nasional, 45–50. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/viewFile/2795/696.

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Jurnal Sekolah, 2(2), 124–130. https://doi.org/https://doi.org/10.24114 Sekolah Dasar. /js.v2i2.9934.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Puriasih, K. A., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Model Dick and Carey Berorientasi Cerita Rakyat pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 260–269. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32267