Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan

Authors

  • Herlinda Mar’atusholihah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ILmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Wawan Priyanto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ILmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Aries Tika Damayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ILmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya media yang digunakan dalam pembelajaran dan belum adanya media tematik yang berbasis permainan sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan pada  kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IVA dan IVB SD Negeri Turirejo 1 Demak serta kelas IV SD Negeri Kedondong 1 Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket validasi media sebesar 93%, angket validasi materi sebesar 90%, angket respon peserta didik sebesar 99% dan angket respon guru sebesar 97% yang berarti baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Ular Tangga, Pembelajaran Tematik

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411

Issue

Section

Articles