Pengembangan Video Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Hidup Hewan pada Muatan IPA Kelas IV SD

Authors

  • Ni Kadek Siti Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33212

Abstract

Kebijakan pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi berdampak pada kurang efektifnya pelaksanaan proses pembelajaran, sehingga membutuhkan media yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 3 orang siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode non tes dengan instrument angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji ahli isi mata pelajaran, media memperoleh persentase skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, pada ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 87.5% dengan kualifikasi baik, serta pada uji perorangan memperoleh persentase skor 90,83% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil keseluruhan dari penilaian para ahli dan uji perorangan terkualifikasi sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video berbasis problem based learning layak untuk dikembangkan dan diterapkan pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD

Author Biographies

Ni Kadek Siti Anggreni, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar2, 10(1), 69–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081. DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1354.

Anantyarta, P., & Sholihah, F. N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Materi Bioteknologi Menggunakan Program Autoplay. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 45. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9036. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9036

Ari Pertiwi, N. L. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 114–123. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69. DOI: https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116

Hafizh, M. A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Camtasia Studio Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Pengambangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Karina, N., & Yani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pada Materi Geometri Di SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2217. DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2217

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Kurniawan, Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558. DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina, S. (2021). Problem Based Learning (Pbl) Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/24866. DOI: https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.24866

Manobe, S. M., & Wardani, K. W. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 6(8). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/12003.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Hamonangan, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p158.

Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick and Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1). http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214.

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53–57. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Purnama, J., Nehru, N., Pujaningsih, F. B., & Riantoni, C. (2021). Studi Literatur Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1687. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1687

Putriana, S. (2021). Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2019), 1771–1777. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1173/1051.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Somodana, W., & Sutresna, I. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.4773.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22216/jcc.v3i1.2100. DOI: https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100

Sumardi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 6(2), 93–99. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP /article/view/334. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3904

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Ula, S., Afifa, A. N., & Azizah, S. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 2 Jember. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.35. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.35

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Siti Anggreni, N. K., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Video Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Hidup Hewan pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 319–328. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33212