Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Kooperatif Berbantuan Permainan Edukatif Lempar Dadu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58236Keywords:
Model Kooperatif, Permainan Edukatif Lempar Dadu, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Suasana belajar yang tidak interaktif berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis model kooperatif berbantuan permainan edukatif lempar dadu terhadap hasil belajar muatan materi matematika siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yaitu kuantitatif desain kuasi eksperimen, dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 217 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul dianalisis melalui statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data uji-t, diperoleh thitung = 4.36 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk sama dengan 78 diperoleh ttabel sama dengan 1.991. Dengan demikian, nilai thitung 4.36 lebih dari ttabel 1.991, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar muatan materi matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas II SD. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif berbantuan permainan edukatif lempar dadu berpengaruh terhadap hasil belajar muatan materi matematika siswa kelas II SD. Implikasi penelitian ini diharapkan guru mampu menerapkan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan model kooperatif berbantuan permainan edukatif lempar dadu dalam menunjang pembelajaran di kelas.
References
Abda’u, N. F., Hanurawan, F., & Sutarno, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar Anak SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 1. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13108. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13108
Abdilah, Y. A., Hwang, W.-Y., Nurkhamid, N., & Hariyanti, U. (2018). Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Ubiquitous Geometry dalam Konteks Otentik dengan Experience API. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 149 – 155. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15104.
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297
Amin, Q., Wijayanti, E., & Irmaidah, I. (2019). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Melalui Media Dadu dan Pengaruhnya ditinjau dari Perkembangan Kognitif. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 19–31. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.191. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.191
Andri, A., Dores, O. J., & Lina, A. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sdn 01 Nanga Kantuk. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 158–167. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.688. DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.688
Anggraeni, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon). PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(01), 165–178. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/pmat/article/view/5078.
Ashari, D., Bintartik, L., & Mudiono, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 19–28. https://doi.org/10.17977/um035v27i22019p56-65.
Ayu, P., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Azmi, K., & Azwar, E. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(1), 29–36. https://doi.org/10.30743/best.v1i1.623. DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i1.623
Chrisdaniar, C. S., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2020). Pengaruh Model Jigsaw Berbantu Game Tic Tac Toe Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 20–26. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i1.10.
Fajrin, F., & Leonardi, T. (2019). Hubungan Persepsi Iklim Sekolah Dengan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (Gsa). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 8(1), 69–79. DOI: https://doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1408
Fitriani, R. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif dengan Permainan Estafet untuk Morotik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.780. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.780
Fitrianti, I., Handayani, D. E., & Yp, S. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677.
Hardiana, L., Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dengan permainan kapal perang terhadap hasil belajar matematika. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195.
Hidayatun Nisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 2909–2919. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3781. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Student Anxiety in Mathematics Subjects). J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 256–264. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886. DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.15166
Lastia, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31561
Lukman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kreativitas Di Sma Negeri 1 Wanasaba Lukman.7. 7.
Maelasari, E., & Wahyudin. (2017). Effects of Cooperative Learning STAD on Mathematical Communication Ability of Elementary School Student. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012090. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012090
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61. DOI: https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61
Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.9-14. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2089
Parmawati, A., Reffiane, F., & Hadi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 394. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331
Riinawati. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.851.
Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. In Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371
Sumandya, W., & Widana, W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133–139. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.42833
Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 103–110. https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501
Suwardi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 53–56.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Tamrin, M., Azkiya, H., Bagindo, J., Chan, A., Aia, P., & Tangah, K. (2019). Penerapan Model-Model Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289–298. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.911.
TGT, G. T. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3076.
Wicaksono, D. N. N., Rahayu, D. W., Taufiq, M., & Kasiyun, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 208–219. https://doi.org/10.17509/jpak.v1i1.15229. DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.2.162-170
Widiyana Anwar, N., & Faisal, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA di Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan, 02(05), 1–16.
Yuliantin, S. (2019). Permainan dan Bermain di PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 2(2), 200–212. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/84.
Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anak Agung Istri Feby Mahadewi, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.