Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Kadek Purnama Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63715

Keywords:

Project Based Learning, Outdoor Study, Kompetensi Pengetahuan, Kemampuan Awal, IPA

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan mayoritas guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional, hal ini berimplikasi pada rendahnya pemahaman siswa, khususnya dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan Outdoor Study terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan mengontrol kemampuan awal siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment, dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 123 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan banyak sampel 55 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes objektif. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji ANACOVA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung = 70,4746 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikansi 5%, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model project-based learning berbantuan outdoor study dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model project-based learning berbantuan outdoor study setelah mengontrol tes kemampuan awal siswa.

References

Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Implementation Project-Based Learning Integrated STEM to Improve Scientific Literacy Based on Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.

Agung, A. A. . (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha..

Aldyza, N., Afkar, & Andani, D. (2018). Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Ujian Nasional (UN) IPA SMP Tahun Ajaran 2014 / 2015 di Kabupaten Aceh Tenggara. Pendidikan Almuslim, VI(1), 2014–2016. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/330.

Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129–145. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145.

Ardiansyah, R., Atmojo, I. R. W., & Saputri, D. Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam melaksanakan Pembelajaran Digital melalui Workshop Terintegrasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44346.

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844.

Aziz, A. (2011). Curriculum Development in Indonesian Education. Curriculum Development in Indonesian Education, 3(2). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1312.

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744.

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030.

Garba, S. A., Byabazaire, Y., & Busthami, A. H. (2015). Toward the use of 21st century teaching-learning approaches: The trend of development in Malaysian schools within the context of Asia Pacific. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 10(4), 72–79. https://doi.org/10.3991/ijet.v10i4.4717.

Hakim, M. N., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.148.

Hau, N. H., Cuong, T. V., & Tinh, T. T. (2020). Students and Teachers’ Perspective Of The Importance Of Arts In STEAM Education In Vietnam. Journal of Critical Reviews, 7(11), 666–671. https://doi.org/10.31838/jcr.07.11.121.

Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33.

Imanuel, S. A. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 143–155. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v6i2.106.

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Biologi Melalui Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Lesson Study di SMAN 1 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2), 54–59. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.355.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

Kodri, K., & Anisah, A. (2020). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Ekonomi Abad 21 di Indonesia. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 9. https://doi.org/10.33603/ejpe.v8i1.2815.

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898.

Kumala Dewi, N. L. E., Semara Putra, D. K. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas V. Mimbar Ilmu, 23(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16409.

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Papadakis, S., Vaiopoulou, J., Kalogiannakis, M., & Stamovlasis, D. (2020). Developing and Exploring an Evaluation Tool for Educational Apps (ETEA) Targeting Kindergarten Chil-dren. Sustainability, 12(10), 4201. https://doi.org/10.3390/su12104201.

Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness Of Outdoor Learning Optimization Program In Learning Social Studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.19160.

Rachman, T. (2018). Cara Memaksimalkan Kemempuan Membaca Cepat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 10–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/54604.

Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128.

Santika, M. (2019). Efektivitas Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Open Ended. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819.

Sudarma, K., Tegeh, M., & Prabawa, D. G. A. . (2015). Desain Pesan : Kajian Analisis Desain Visual. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru Smp Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236–242. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3168.

Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402.

Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 50–58. https://core.ac.uk/download/pdf/228883658.pdf.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Dewi, N. K. P., & Wiarta, I. W. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 288–297. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63715

Issue

Section

Articles