KAMI (Konsep Diri, Kompentensi Pedagogik, Motivasi Berprestasi, Dan Iklim Sekolah) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ni Putu Wahyuni SMP Negeri 2 Gianyar, Gianyar, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73453

Keywords:

Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Konsep Diri, Motivasi Berprestasi

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran masih belum optimal disebabkan karena kurangnya motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu menganalisis mengetahui besaran kontribusi konsep diri, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto”. Populasi penelitian ini berjumlah 340 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 181 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar siswa. Kedua, terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Keempat, terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa. Kelima, secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa konsep diri, kompentensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dicapai melalui optimalisasi beberapa faktor kunci: konsep diri, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, dan iklim sekolah.

References

Ahla, M. F. (2020). Persepsi Siswa tentang Peranan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Paket Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Pengasih. Journal of UNY.

Akib, H., Guntur, M., & Salam, R. (2018). Civitas Academic Perception of “Blissful Services” for Recipient Postgraduate Program State University of Makassar, Indonesia. International Conference on Public Organization VI (ICONPO VI, 340–350.

Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kompetensi pedagogik guru di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 149–154).

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.

Andriawati, E., & Budi, B. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK, 2(10).

Anissa, N., & Handayani, A. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Istri Yang Tinggal Bersama Keluarga Suami. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 57–67.

Astuti, R. D. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan Yogyakarta”.

Collins, T., & A, K. (2023). School Climate and Student Outcomes. Parson Dalam Jurnal Internasional Yaitu Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 3(34), 39 34.

Dakhi, A. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.

Dewi, L. R., Suharsono, N., & Haris, I. A. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Fres. (2022). Metodologi Penelitian Kuanttatif. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders.

Gupta, P., Samant, K., & Sahu, A. (2012). Isolation of cellulose-degrading bacteria and determination of their cellulolytic potential. International Journal of Microbiology, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/578925.

Hamalik. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Harjasuganda, D. (2021). Pengembangan Konsep Diri Yang Positif Pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback. Dalam Proses Pembelajaran Penjas.Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Nomor, 9(8), 4–5.

Hera Jean C. Cardenas 1, E. C. C. (2020). School Climate, Teacher Eficiency And Learning Out Comes In Koronadal City School Division, Philippines. https://www Research Gate. In Net/Publication/302020284 School Climate Teacher % 27 Eficiency And Learning Out Comes In Koronadal City School Is Division Philippines.

Ibung, D. (n.d.). Mengembangkan Nilai Moral pd Anak. Elex Media Komputindo.

Jannah, R. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK, 4(5).

Knohles. (2007). Guru Profesional. Rajawali Pers.

Kurniawan, T. (2012). Analisis Laporan Keuangan PT Raja Grafindo Persada. Analisis Laporan Keuangan / Kasmir, 5(2011), 134–135.

Lestari, S. (2023). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Buku. Gramedia.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Kneari 07 Pagi, Jakarta. Edusince: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(mor 2).

McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., Lowell, E. L., & McClelland, D. C. (1961). The Achievement Motive. Van Nostrand.

Muhlisin. (2008). Profesionalisme Kinerja Guru Menyongsong Masa Depan.

Mulyasa, E. (2020). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosda Karya.

Munandar, U. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT. Asdi Mahasatya.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2015). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2018). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109.

Pambudi, P. S. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Nursing Studies, 1(1), 149–56.

Permatasari, M. D. (2020). Pengaruh Cara Belajar dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Surat Menyurat Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Palebon Semarang”. http://lib.unnes.ac.id/17592/2/7101409062.pdf.

Preckel, F., Niepel, C., Schneider, M., & Brunner, M. (2023). Self-Concept in Adolescence: A Longitudinal Study on Reciprocal Effects of Self-Perceptions in Academic and Social Domains. Journal of Adolescence, 36(6), 1165–75.

Rakhmat, J. (2021). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2023). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20.

Rismadewi. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru, dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Pada mata Pelajaran Ekonomi. Majalengka.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60.

Sanderayanti, D. (2005). Pengaruh motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa di SDN kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222–231.

Siregar, S. (2021). Statistik Parameter untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2022). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Supardi. (2020). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh model pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif. Invotec, 11(1).

Surna, I. N. (2018). Psikologi Pendidikan. Erlangga.

Sutrisno, A. B., & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa. Indonesian Journal Of Learning Education and Counseling, 3(2), 221–229.

Tabel, L. (2018). 110 Lampiran 1. Tabel Krejcie dan Morgan.

Widyastika, A. R. da. A., & M.T. (2020). Hubungan Antara Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru. Journal Of Psychological Perspective. ISSN, 3(1).

Ybrandt, H. (2021). The Relation between Self-Concept and Social Functioning in Adolescence”. Journal of Adolescence, 31(1), 1–16.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Wahyuni, N. P., Anak Agung Gede Agung, & Ni Luh Gede Erni Sulindawati. (2024). KAMI (Konsep Diri, Kompentensi Pedagogik, Motivasi Berprestasi, Dan Iklim Sekolah) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 60–74. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73453

Issue

Section

Articles