Dampak Dukungan Sosial, Optimisme, Religius, Dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Subyektif Guru
Keywords:
Dukungan Social, Harga Diri, Optimisme, ReligiusitasAbstract
Seseorang yang mengalami kesejahteraan subjektif rendah akan mempersepsikan dan menafsirkan segala kejadian dalam hidupnya sebagai peristiwa yang tidak menguntungkan. Hal ini akan menimbulkan respons emosional yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan sosial, optimisme, religiusitas, serta harga diri berkontribusi pada kesejahteraan subjektif guru. Penelitian ini merupakan penelitian “ex-post facto” yang dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 164 orang. Metode pengumpulan data melalui penggunaan kuesioner serta dokumen. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan regresi sederhana, regresi berganda, serta korelasi parsial. Temuan penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan kontribusi penting antara dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif guru. Kedua, terdapat perbedaan yang mencolok antara optimisme dan kesejahteraan subjektif guru. Ketiga, terdapat hubungan yang kuat antara sikap guru agama dengan kepuasan yang mereka rasakan di sekolah. Hubungan tersebut diukur dengan koefisien korelasi sebesar 0,519 yang menunjukkan korelasi positif sedang. Religiusitas menyumbang 37,66% variasi kesejahteraan subjektif guru. Keempat, terdapat hubungan yang kuat antara harga diri dengan kesejahteraan subjektif guru yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup besar. Selain itu, harga diri menyumbang 19,98% dari keseluruhan dampak terhadap kesejahteraan subjektif. Disimpulkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara dukungan sosial, optimisme, religiusitas, dan harga diri dengan kesejahteraan subjektif guru.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Komang Yuin, Anak Agung Gede Agung, Kadek Rihendra Dantes
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.