Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • I Nyoman Sita Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum optimal dan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Tiap siklus terdiri atas dua kali tatap muka dan satu kali tes hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tife Jigsaw pada siswa kelas V dinyatakan meningkat.  Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69, daya serap 69%, dan ketuntasan belajar 63%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79, daya serap 79%, dan ketuntasan belajar sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tife Jigsaw pada siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPA.

Published

2024-05-17

How to Cite

I Nyoman Sita Setiawan, Ketut Suma, & I Wayan Suastra. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75044

Issue

Section

Articles