Model Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • I Nyoman Sita Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran. Guru belum menggunakan metode yang bervariasi.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan, yaitu posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV SD. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan koesioner dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipas siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah membuat kegiatan pembelajaran di kelas akan lebih efektif dan hasil belajar yang dihasilkan akan lebih baik.

Published

2024-05-17

How to Cite

I Nyoman Sita Setiawan, Ketut Suma, & I Wayan Suastra. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/75654

Issue

Section

Articles