Model Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran. Guru belum menggunakan metode yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan, yaitu posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV SD. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan koesioner dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipas siswa sekolah dasar. Implikasi penelitian yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah membuat kegiatan pembelajaran di kelas akan lebih efektif dan hasil belajar yang dihasilkan akan lebih baik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Nyoman Sita Setiawan, Ketut Suma, I Wayan Suastra
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.