Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • I Nyoman Sita Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75654

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum optimal dan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Tiap siklus terdiri atas dua kali tatap muka dan satu kali tes hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tife Jigsaw pada siswa kelas V dinyatakan meningkat.  Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69, daya serap 69%, dan ketuntasan belajar 63%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79, daya serap 79%, dan ketuntasan belajar sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tife Jigsaw pada siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPA.

References

Agha, R. A., Sohrabi, C., Mathew, G., Franchi, T., Kerwan, A., O’Neill, N., Thoma, A., Beamish, A. J., Noureldin, A., Rao, A., Vasudevan, B., Challacombe, B., Perakath, B., Kirshtein, B., Ekser, B., Pramesh, C. S., Laskin, D. M., Machado-Aranda, D., Pagano, D., … Mei, Z. (2020). The PROCESS 2020 Guideline: Updating Consensus Preferred Reporting Of CasE Series in Surgery (PROCESS) Guidelines. International Journal of Surgery, 84(November 2020.), 231–235. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.11.005.

Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The value of peer mentorship as an educational strategy in nursing. Journal of Nursing Education, 57(4), 217–224. https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05.

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.528.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Darmaji, D., Erika, E., Hoyi, R., & Sukarni, W. (2021). Description of Student Response on The Implementation of Cooperative Learning Models of Jigsaw and Role Playing on The Physics Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 17(1), 77–85. https://doi.org/10.15294/jpfi.v17i1.24315.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(5), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311.

Carmen Ceron-Garcia, M., Rosales, L. L., & Rodriguez, J. J. G. (2022). Jigsaw cooperative learning of multistage counter-current liquid-liquid extraction using Mathcad. Education for Chemical Engineers, 38, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.10.002.

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Frost, H., Tooman, T., Ackerman, P., & Dziedzic, K. (2022). Advanced Practice Physiotherapists and the implementation of the JIGSAW-E model for the management of osteoarthritis in Scottish primary care settings: a qualitative case study. Physiotherapy, 117, 81–88. https://doi.org/10.1016/j.physio.2022.08.007.

Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Paramita, A, N. L., A, P., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499.

Poerwati, C, E., Suryaningsih, N. m. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496.

Rahayu, N., W., B., Suma, K., & Arnyana, I., B., P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607.

Ramadhani, A. A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Vidio Animasi Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di SD. Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55.

Rapanta, C. (2021). Can teachers implement a student-centered dialogical argumentation method across the curriculum? Teaching and Teacher Education, 105(September 2021), 103404.1-14. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103404

Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2018). Implementasi pendekatan student centered learning dalam pembelajaran ipa dan relevansinya dengan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912.

Soedimardjono, F. P., & Pratiwi, P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 172–179. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203.

Soleman, N., & Umanahu, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kerusakan Lingkungan Melalui Strategi Modeling The Way (Membuat Contoh Praktek) Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Kota Ternate. Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 15–20.

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229.

Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama. Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.

Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

I Nyoman Sita Setiawan, Ketut Suma, & I Wayan Suastra. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 32–38. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75654

Issue

Section

Articles