Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) Berbantuan Media Kartu Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15739Keywords:
TPS, Kartu HurufAbstract
Masih belum optimalnya perkembangan bahasa anak khususnya pada pengenalan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran think pair share berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah kelompok B3 TK yang berjumlah 27 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 18 anak laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan media observasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa mengenal huruf pada kelompok B3 sebesar 25.7% hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa mengenal huruf anak pada siklus I sebesar 55.31% dengan kriteria rendah menjadi 81,01% pada siklus II dengan criteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf kelompok B Taman Kanak-Kanak.
References
Amalia, P., & Surya, E. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Statistika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan TPS. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7682. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7682
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Artini, N. M. S., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Huruf Pada TK Kelompok B Tunas Mulia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1109.
Asri, P. A. S., Suwatra, I. W., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A2 Eka Dharma Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1086.
Halimatus, H., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Pengenalan Life Science pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.318. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.318
Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388
Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.
Lestari, P., & Susari, H. D. (2016). Pengembangan Berbahasa Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf di TK PSM 2 Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/559.
Mayasari, D., & Ardhana, N. R. (2018). Publikasi Bentuk Fungsi dan Kategori SintaksisTuturan Masyarakat Manduro sebagai Pendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.7
Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02
Nugraha, E. (2020). Implementasi Program Tahfizh Qur’an Di PAUD Inklusif Dengan Model HOTS. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3569. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3569
Prasetiyorini, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Hijaiyah Berwarna Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur’an. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388 PENGARUH. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388
Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Think Pair Share (Tps) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1432–1436. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6589.
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105/0
Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764
Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(6), 812–817. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/%0AEISSN: 2502-471X
Uloli, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 tahun Menggunakan Pendekatan Think, Pair, and Share. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1688–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.997 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.997
Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21401
Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10127 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.3.1.67-80 DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.