Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) Berbantuan Media Kartu Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B

Authors

  • Nurul Ilma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15739

Keywords:

TPS, Kartu Huruf

Abstract

Masih belum optimalnya perkembangan bahasa anak khususnya pada pengenalan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran think pair share berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah kelompok B3 TK yang berjumlah 27 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 18 anak laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan media observasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa mengenal huruf pada kelompok B3 sebesar 25.7% hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa mengenal huruf anak pada siklus I sebesar 55.31% dengan kriteria rendah menjadi 81,01% pada siklus II dengan criteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf kelompok B Taman Kanak-Kanak.

References

Amalia, P., & Surya, E. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Statistika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan TPS. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7682. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7682

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Artini, N. M. S., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Huruf Pada TK Kelompok B Tunas Mulia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1109.

Asri, P. A. S., Suwatra, I. W., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A2 Eka Dharma Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1086.

Halimatus, H., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Pengenalan Life Science pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.318. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.318

Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.

Lestari, P., & Susari, H. D. (2016). Pengembangan Berbahasa Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf di TK PSM 2 Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/559.

Mayasari, D., & Ardhana, N. R. (2018). Publikasi Bentuk Fungsi dan Kategori SintaksisTuturan Masyarakat Manduro sebagai Pendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.7

Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02

Nugraha, E. (2020). Implementasi Program Tahfizh Qur’an Di PAUD Inklusif Dengan Model HOTS. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3569. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3569

Prasetiyorini, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Hijaiyah Berwarna Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur’an. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388 PENGARUH. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Think Pair Share (Tps) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1432–1436. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6589.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105/0

Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764

Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(6), 812–817. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/%0AEISSN: 2502-471X

Uloli, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 tahun Menggunakan Pendekatan Think, Pair, and Share. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1688–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.997 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.997

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21401

Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10127 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.3.1.67-80 DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Ilma, N., & Pudjawan, I. K. (2021). Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) Berbantuan Media Kartu Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15739

Issue

Section

Articles