Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26814Abstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan matematika siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbasis Penilaian Portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasinya seluruh kelas V SD sebanyak 242 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas V SD N 1 Panjer sebanyak 40 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N 2 Panjer sebanyak 39 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan tes pilihan ganda biasa kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,18 dan kelompok kontrol adalah 70,85. Berdasarkan hasil analisis uji data pada alpha 5% (dk = 77, thitung = 4,971, dan ttabel = 1,991) dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan matematika antara kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan bahwa model PBL berbasis Penilaian Portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD.
References
Alentina, N. P., Putra, M., & Negara, I. G. A. O. (2013). Model Pembelajaran Sinektik Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. 1(1).
Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effectiveness Of Using Problem Based Learning (Pbl) In Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. 3(2), 3402–3406.
Amelia, & Isrok’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Astianawan, I. P., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Portofolio dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas II. 4(1), 1–10.
Atiyah, N., Usodo, B., & Ekana C, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Quantum Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIG SMP Negeri 1 Ngawen Klaten. 2(4), 307–314. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5716
Azizah, F. R., Sujadi, I., & Chrisnawati, H. E. (2018). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. II(4), 298–306.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. 1, 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736
Darsana, I. G. B., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(3), 200–207. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18608
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. 5(1), 39. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Eko Setyowati, W. A., Ariyanti, P., & Martini, K. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pada Materi Stoikiometri Di SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. 4(3), 1–9.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. 7(1), 40–47. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Hanikah. (2018). Pengaruh Penilaian Belajar Melalui Assessment Portofolio Terhadap MInat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Sigong Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. DOI: https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.583
Kemendikbud. (2016). Indonesian National Assesment Programme.
Mardhatillah, Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X. 6(1), 78–87. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i1.7869
Mawardi, & Lusia Sari, D. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make A Match Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA kelas 4 SD Gugus Mawar - Suruh. 5(3), 82–99. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p82-99
Misla, & Mawardi. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. 4(1), 64–69. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Mudrikah, A. (2016). Problem-Based Learning Associated by Action-Process-Object-Schema (APOS). 2(1), 125–135. DOI: https://doi.org/10.21890/ijres.88952
Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary School Teacher’s Obstacles in the Implementation of Problem-Based Learning Model in Mathematics Learning. 10(2), 229–238. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238
OECD. (2016). Country Note – Results from PISA 2015: Indonesia. 1–8. DOI: https://doi.org/10.1787/9789264266490-21-en
OECD. (2018). What 15-Year-Old Students in Indonesia Know and Can Do.
Pamungkas, D., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. 3(2), 212–219. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774
Santiani, N. W., Sudana, D. N., Tastra, I. D. K., & Fip, J. T. P. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD. 5(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773
Santoso, B. (2014). Penilaian Portofolio Dalam Matematika. 1(2), 31–38. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.1.2.811.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. 6(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22
Setyadi, T. Y. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Penilaian Portofolio Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP. 1–11.
Setyowati, N. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Implementasi Penilaian Portofolio pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Gatak.
Sinaga, R. S., Manik, S. C., Problem, M., & Learning, B. (2019). 0,64 Dan R. 5(1), 53–58. DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.154
Suarjana, I. M., & Japa, I. M. N. (2015). Pendidikan Matematika III (II). Universitas Pendidikan Ganesha.
Suarsana, I. M., Supawidhiasih, N. P., & Parwati, N. N. (2018). The Use Of Portfolio Assessment To Overcome The Weakness Of Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v7i1.10394
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Kedua). Prenamedia Group.
Utami, H. D., Yuniastuti, A., & Rudyatmi, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based dengan Assesmen Portofolio pada Materi Sistem Imun. 7(2), 202–208. DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.25518
Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. 17(1), 86. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960
Yus, A. (2006). Penilaian Portofolio Untuk Sekolah Dasar. Dirjen Pendidikan Tinggi dan Direktur Ketenagaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.