Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berorientasi pada suatu produk yang dikembangkan. Rendahnya kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan serta meningkatkan minat belajar anak didalam kelas dengan berbantuan media pembelajaran, sehingga produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran puzzle angka. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran puzzle angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan terhadap siswa kelompok B serta untuk mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media pembelajaran puzzle angka dari ahli desain media pembelajaran, ahli materi dan mendapat respon penggunaan produk dari guru kelompok B. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli desain media pembelajaran sebagai validator. Subyek dalam penelitian ini adalah lima orang guru kelompok B. Hasil uji coba terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 73,00% yang termasuk dalam kategori baik dengan keterangan layak. Validator ahli desain media pembelajaran dengan persentase skor 92,50% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Respon penggunaan produk dari lima orang guru kelompok B dengan persentase 90,80% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran puzzle angka yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran, serta mempermudah belajar siswa dalam mengenal lambang bilangan.
References
Achmad Achmad, & Irmansyah. (2011). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (Rme ) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd. Jurnal Pendidikan, 12(1), 33–40. https://doi.org/10.33830/jp.v12i1.483.2011
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dsar dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37–50.
Cahyani, R., & Suyadi, S. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219–230.
Chandra, R. D. . (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 32–45.
Darnoto. (2016). Urgensi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( Paud ) Dalam Ranah Kajian Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 13(1), 18.
Dewi, L. (2018). Merancang Pembelajaran Menggunakan Pendekatan ADDIE Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Agar Menjadi Pustakawan Yang Beretika. Jurnal Edulib, 8(1), 99–119.
Elan, D. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66–75.
Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan. Kencana.
Fauziddin, M. dan M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169.
Gandana, G. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 92–105.
Handayani, A. D. (2019). Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1–7.
Hermawati, R., Susanti, N., & Jamaludin, J. (2018). Penyuluhan Pendidikan Karakter Bagi Anak – Anak Desa Bojong Menteng - Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 91–100.
Husna, N. D. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 66–71.
Israwati. (2017). Kesulitan Guru PAUD Dalam Menggunakan Media Audio Visual Pada Kegiatan Pembelajaran di TK Pertiwi Banda Aceh. Serambi Akademica, V(1), 53–63.
Jazariyah, J. (2017). Kampung Ramah Anah Gendeng Sebagai Alternatif Pemenuhan Hak Berkembang Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 27–38.
Karo, I. R. dan R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96.
Mar’atusholihah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260.
Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p160-171
Nur, L. dkk. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50.
Pribadi, B. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Rahma, F. I. (2019). (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.
Rahmasari, S. A. dkk. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Anak Kelompok A di TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo. Jurnal Kumara Cendekia, 7(3), 314–323.
Reswita dan Sri Wahyuni. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bengkalis. Jurnal Pendidikan, 9(1).
Romlah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Melalui Kartu Angka di Taman Kanak-kanak Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–17.
Sari, W. dkk. (2017). “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Profesional Pada Materi Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal Pendidikan Fisika, 02(01).
Sholifah dan Nurhenti D Simatupang. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Puzzle 2 Keping. Jurnal PAUD Teratai, 05(02), 89–93.
Solikhin, & Mustakim. (2015). Prestasi Belajar Dengan Pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) Berbantuan Media Mustakim Solikhin Guru Smp Negeri 2 Patean. Jurnal Pendidikan, Volume 16, 74–90.
Sudarwati, U. (2018). Peningkatan kemampuan membilang 1-20 melalui permainan puzzle pada anak kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 03(01), 20–37.
Sugiharti. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang, 3(1), 7–14.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sumardi, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190–201.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Syafitri, O. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193–205.
Tanjung, N. dan S. M. E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Puzzle Jam Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Generasi Bangsa Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 13–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.