Dampak Metode Think Pair and Share terhadap Hasil Belajar IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku

Authors

  • Laila Dimiyati Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49028

Keywords:

Model Pembelajaran, Think Pair and Share, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar rendah. Guru masih kurang optimal dalam penerapan metode pembelajaran yang ada. Siswa tidak kondusif selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share terhadap hasil belajar IPS pada tema indahnya keberagaman negeriku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimental Design dengan jenis posttest-only control design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Probability Sampling dengan Simple Random Sampling. Populasi berjumlah 60 yang berasal dari dua kelas yaitu kelas IVA (kelas eksperimen) sebanyak 30 peserta didik dan kelas IVB (kelas kontrol) sebanyak 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Data hasil belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, yang didahului dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini diperoleh data t hitung > t tabel yaitu 5,400 > 2,002. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair And Share terbukti efektif terhadap hasil belajar IPS pada tema indahnya keberagaman negeriku. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan TPS.

References

Ariswati, N. P. E. A., Murda, I. N., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13105.

Arki, A. K. H., Auliah, A., & Dini, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 18(2), 76–84. https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899

Chonkaew, P., Sukhummek, B., & Faikhamta, C. (2016). Development of Analytical Thinking Ability and Attitudes towards Science Learning of Grade-11 Students through Science Technology Engineering and Mathematics (STEM Education) in The Study of Stoichiometry. Chemistry Education Research and Practice, 17(4), 842–861. https://doi.org/10.1039/c6rp00074f. DOI: https://doi.org/10.1039/C6RP00074F

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Fahrullisa, R., Putra, F., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213

Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630–6637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325

Fathan, F., W. DJ. Pomalato, S., & Kadir Husain, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. PEDAGOGIKA, 10(1), 34–43. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.101. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.101

Halawa, A. M., Koamesakh, A. E., Wasiyono, N., & Boiliu, F. M. (2022). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6841–6850. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2947. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2947

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1 – 11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Kurniawan, A. (2021). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 42–48. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33267. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33267

Kusuma, N. M. D., Agung, A. A. G., Desak, & Parmiti, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajara IPS Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Marifah, S., & Amaliyah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7563–7572. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3596. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3596

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218 – 226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644

Murtiningsih. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, dan Percaya Diri terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMP Negeri DI Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(2), 178–191. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191. DOI: https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191

Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10789.

Putri, A., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Tipe Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 644–648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.415. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.415

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653

Santra, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 1(4), 307–315. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 462–470. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.cv.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4, 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1396. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1396

Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653.

Suwela, I Ketut. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based on STEM-PjBL Approach Assisted by Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.25199.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Dimiyati, L. ., & Amaliyah , N. . (2022). Dampak Metode Think Pair and Share terhadap Hasil Belajar IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 292–299. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49028

Issue

Section

Articles