Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Model Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Nengah Winta Rahayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26945

Author Biography

Nengah Winta Rahayu, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agustian, N. P. ., Mardani, D. M. S., & Hermawan, G. . (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Penguasaan Huruf Hiragana Siswa Kelas X Ibb 1 Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(2), 197. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18686 DOI: https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18686

Andriani, K. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Ak 1 Smk Ypkk 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3). https://doi.org/10.33654/math.v4i3.272 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5716

Asmara, J. (2016). Pembelajaran Number Head Together (NHT). Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 2(3), 161–174.

Chatib, M., Hidayat, S., & Siroj, R. A. (2019). Biologi Application of Cooperative Learning by Numbered Heads Together ( NHT ) Assisted with Moodle to Improve Learning Achievement of Students at Titian Teras Senior High School Jambi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Ti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(1), 68–80. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6393

Dewi Retno, S. S., Kiki Riska, A. K., & Budiyono, B. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Nht Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 11(1), 1–27. https://media.neliti.com/media/publications/123234-ID-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif.pdf

Emi, S., & Wibawa, I. M. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Koopertaif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Huda, M. (2017). Model – Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kartika, N. (2011). Perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together, kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, dan kelompok. In Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Layla, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel.

Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Respons, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 106–122. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1140 DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.301

Meylisa, E. (2014). Penerapan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran.

Mugas, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Team Games Tournament) Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vc Sd Islam Hidayatullah Kota Semarang.

Pangestu, C. B., & Kadir. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht). ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 1, 54–62. DOI: https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11686

Rohmawati, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas V SD Negeri Keceme 1 Kecamatan Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudarwanto, W., Relmasira, S. C., & Juneau, J. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Stimulasi Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester 1 Tahun 2017 / 2018. 1–10. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.383

Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT. Bhumi Aksara.

Sukasih, N. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 256. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Sulfiani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Watampone. Jurnal Chemica, 1(1). DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2144

Sumiati, S., Andayani, Y., & Al-Idrus, S. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kartu Mol terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 12. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1131 DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1131

Susrini, E. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran PKn Materi Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 02 Kebojongan Pemalang.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media.

Utami, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Swarnabhum, 3(2), 81–88. DOI: https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2597

Yanti, K. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha.

Yustika, G., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 481–493. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.136 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.136

Downloads

Published

2020-07-17

How to Cite

Rahayu, N. W., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Model Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26945

Issue

Section

Articles