Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629Kata Kunci:
Program Evaluation, School Literacy Movement, ReadingAbstrak
Rendahnya minat baca peserta didik di Indonesia merupakan permasalahan yang mengakibatkan menurunnya tingkat pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan evaluasi program gerakan literasi sekolah dalam upaya meningkatkan pemahaman sekaligus minat baca peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model Goal Free Evaluation sehingga tidak terfokus pada tujuan tertentu pada suatu program yang dievaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SD masih belum menyeluruh dalam pelaksanaannya namun cukup memberikan dampak positif bagi beberapa kelas yang telah melaksanakan program gerakan literasi sekolah. Maka, evaluasi program gerakan literasi sekolah telah dilaksanakan cukup baik. Sehingga dengan adanya penelitian ini, dapat dijadikan acuan dalam menambah pengetahuan tentang evaluasi program gerakan literasi sekolah.
Referensi
Absor, N. F., Kurniawati, & Umasih. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 57 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 170–194. https://doi.org/10.21009/jps.082.05. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.082.05
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Peogram 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093.g2690. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301
Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 1–15. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2474.
Fauziah, S. N., Faziah, S. N., Nupus, F. S., Ulfi, N., & Sapitri, S. (2020). Evaluasi Minat Baca Siswa melalui Program Literasi Sekolah. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 108–116. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i1.641.
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350
Ismayani, M. R. (2013). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86.
Magdalena, I., Akbar, M., Situmorang, R., & Rosnaningsih, A. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Wilayah Kota dan Kabupaten Tanggerang. Pendas:Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 230–248. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1768. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1768
Mas, S. R., Daud, N. K. P., & Djafri, N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p045. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p045
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT Bumi Aksara.
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi sebuah paradigma pendidikan abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216–231. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(11), 1448—1456. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2), 115–128. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153/104.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org//10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Purwati, S. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.
Purwo, S. (2019). Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kreatif Produktif di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/85/48.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156.
Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.
Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Epistema, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054. DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054
Tri Yunianika, I. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 497–503. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331
Wahyuni, P. D., Djatmika, E. T., & As’ari, A. R. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 679—684. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11096.
Wanelly, W. (2019). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(3), 406 – 413. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.19. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.19
Widayoko, A., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.