E-Modul Interaktif Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan untuk Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45886Kata Kunci:
E Modul, Karakter, IPSAbstrak
Rendahnya karakter generasi sekarang mulai luntur dan tergerus oleh perubahan gaya belajar dan kehidupan yang semakin modern. Selain itu, dalam proses pembelajaran, guru jarang menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari e-modul interaktif berbasis karakter peduli lingkungan muatan IPS kelas IV sekolah dasar menurut hasil review para ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan produk. Penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan karena tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa pada masa pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini melibatkan 12 orang siswa kelas IV sekolah dasar. Validasi media berdasarkan ahli isi muatan pelajaran produk ini diperoleh skor sebesar 77,08% dengan kualifikasi baik, ahli desain instruksional diperoleh skor 87,50% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran diperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan diperoleh skor 98,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil diperoleh skor 96,67% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media e-modul berbasis karakter peduli lingkungan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan IPS kelas IV sekolah dasar. Implikasi penelitian ini yaitu pemanfaatan E-Modul berbasis karakter peduli lingkungan ini tentu dapat berdampak positif bagi siswa dan juga guru, terutama di masa pandemi karena proses pembelajaran terlaksana secara daring.
Referensi
Adnyana, I. B. K. R. (2021). Video Pembelajaran Bernuansa Problem Based Learning dengan Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 127. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32208. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32208
Agung, A. A. G. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: FIP Undiksha.
Agustin Adhaningrum, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746. DOI: https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746
Aryawan, R., Sudatha, I. G. S., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Saputri, J. (2021). Karakter Peduli Sosial: Komparasi Modul Elektronik dan Paper Modul Kearifan Lokal Ngubat Padi di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 866–877. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1230. DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1230
Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202
Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Berwawasan Sosial-Budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Fauzi, A. R., Zainuddin, & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v2i22017p079. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079
Hadary, F., Yuniarni, D., & Wulandari, R. S. (2020). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kota Pontianak Kalimantan Barat. AL-KHIDMAH 2, 2(2), 44–45. https://doi.org/10.1201/9781315274508-20. DOI: https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v2i2.1626
Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113–124. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359
Lestari, S., & Rohani. (2017). Penanaman Karakter Peduli Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 172–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v1i2.608.
Luh, N., & Karang, G. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. 5, 435–445. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974
Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak Pop-Up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran pada Materi Cahaya dan Alat-Alat Optik untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847
Marpaung, D. N., & Pongkendek, J. J. (2021). Modul Pembelajaran Kimia SMP Berbasis Scientific Approach pada Materi Asam dan Basa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 44–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v5i1.33647.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Nilayuniarti, N. P., & Putra, D. K. N. S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Mimbar PGSD, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.
Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058
Permata, D. N., Lambey, L., & Tangkuman, S. (2017). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Suku Cadang pada PT Hasjrat Abadi Sudirman Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 905–916. https://doi.org/10.32400/gc.12.2.18366.2017. DOI: https://doi.org/10.32400/gc.12.2.18366.2017
Rahmawati, S., & Dewi, N. K. (2020). Dampak Media Pembelajaran Kisah Keteladanan terhadap Karakter Peduli Sosial dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Wahyuningsih, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPS Tema 2 Subtema 1 Kompetensi Memahami Makna Proklamasi Kemerdekaan Menggunakan Media Video Konferensi Google Meet pada Siswa Kelas 6a SDN 1 Batuah Tahun Pelajaran 2021/2022. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 226–234. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.223. DOI: https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.223
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218
Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Wayan Darma Putra, I Gusti Agung Ayu Wulandari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.