Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV

Penulis

  • Mohamad Irvando Saputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49815

Kata Kunci:

kesulitan belajar siswa, faktor kesulitan belajar, matematika

Abstrak

Siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika dalam kelas, lemah dalam pemahaman, kurangnya interaksi, saat diberikan tugas tidak dikerjakan, nilai yang didapatkan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar matematika di masa pandemi. Jenis penelitian ini menerapkan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data mepergunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian disajikan dalam bentuk data yang mudah dibaca kemudian dianalisis lalu disimpulkan. Subjek pada penelitian yaitu menggunakan 2 kelas dengan jumlah 37 orang siswa.  Penelitian dilakukan secara deskriptif, data yang sudah didapat kemudian dipaparan berupa data adapun mudah dibaca selanjutnya diterjemahan serta diringkas. Hasil analisis terkait kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV disebabkan oleh peserta didik yang tidak menyukai ilmu matematika dan beranggapan bahwa Matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Siswa kurang percaya diri atas kemampuanya sendiri untuk bisa memahami materi tanpa dibantu oleh guru. Kebiasaan belajar matematika siswa rendah. Faktor lingkungan sangat memengaruhi cara keluarga mendidik. Faktor lingkungan dan keadaan sekolah sangat berpengaruh yaitu cara mengajar guru, sarana dan prasarana, dan sumber belajar. Hasil penelitian ini dapat memberikan motivasi dalam belajar matematika yang cukup

Referensi

Ahmad, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.5.

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297

Amalia, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48. DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Aristika, A., & Juandi, D. (2021). The Effectiveness of Hybrid Learning in Improving of Teacher-Student Relationship in Terms of Learning Motivation. Emerging Science Journal, 5(4), 443–456. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288. DOI: https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Dewi, K. M. S., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2018). Kontribusi Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 152. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397

Dr. H. Heris Hendriana, M. P. dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT. Refika Aditama.

Fauziah, U. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar MatematikapPada Siswa Kelas X SMA Datuk Ribandang. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.

Fitriani, N. M. A., & Negara, I. G. A. (2021). Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 82. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31989. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31989

Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 376–396.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209. DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Hasmira. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Tunarungu Kelas Dasar III Di SLB YPAC Makasar. Universitas Negeri Makassar.

Hayati, nur. (2020). Metode Pembelajaran Daring. E-Learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, 5(2), 187–194.

Jailani, M. S. (2018). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tarbiyah & Keguruan, 90–102. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Kay, R. R. (2021). Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Panrita, 02(02). https://doi.org/https://doi.org/10.35906/panrita.v2i1.139. DOI: https://doi.org/10.35906/panrita.v2i1.139

Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14. DOI: https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Lily, S. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(3), 187–192. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.469. DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.469

M.Dalyono. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2017.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Maryani, E. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar (p. 22). Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Mugi, M. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 3(4), 14–20.

Mulyaning, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Unversitas Negeri Semarang.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96.

Pernantah, P., Nova, N., & Ramadhani, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45–50. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991

Pingge, H. D. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Faktor Hasil Belajar, 6(2), 166–176. DOI: https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4947

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081. DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, R., Lahmi, A., Yasmadi, Y., & Pahri, P. (2020). E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 227. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di masa Pandemi Covid- 19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Salmia, & Yusri, A. M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pedagogi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134.

Sari, I. S., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2020). Development of A Guided Inquiry-Based E-module on Respiratory System Content Based on Research Results of the Potential Single Garlic Extract (Allium sativum) to Improve Student Creative Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 228–240. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17065. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17065

Setiani, N. T., & Kusuma, A. B. (2019). Pemanfaatan Comic Math pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika, 5(1), 503–507.

Setiawan, W. & D. Y. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di STMIK Komputama Majenang. Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 16–25. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.21. DOI: https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.21

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229

Sumarni, S., & Amin, M. (2021). Puzzle dan Problem Solving: Media dan Pendekatan untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 36–43. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.67. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.67

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252. DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Utari, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 534–540. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2021). Perspektif dan Peran Orang tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Diterbitkan

2022-07-20

Cara Mengutip

Saputra, M. I. ., Japa, I. G. N., & Simamora , A. H. . (2022). Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 280–291. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49815

Terbitan

Bagian

Articles