Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Melalui Pemanaatan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50366Kata Kunci:
Video, Kontekstual, ADDIEAbstrak
Belum efektifnya penggunaan media dalam proses pembelajaran serta kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep materi yang dipelajari mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukannya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi agar terciptanya pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini tujuannya untuk menciptakan media berbentuk video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual materi volume dan luas permukaan balok kelas V SD. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan berpacu pada model ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran, serta siswa kelas V yang terdiri dari 3 orang uji coba perorangan, dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan menggunakan cara atau metode wawancara, observasi, dan angket. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari uji kelayakan produk dari para ahli dan siswa. hasil review dari ahli isi pembelajaran memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan memperoleh skor 91,6% dengan kualifikasi sangat baik, serta uji coba kelompok kecil memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kotenstual ini layak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu siswa dapat membantu menunjang proses pembelajaran, sehingga menjadikan siswa lebih mampu dalam memahami materi serta menjadi media yang menarik.
Referensi
Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44. DOI: https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Anak Agung Gede. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Alavudeen, S. S., Easwaran, V., Mir, J. I., Shahrani, S. M., Aseeri, A. A., Khan, N. A., … Asiri, A. A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal, 29(7), 775–780. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186
Anggraeni, S. W., Yayan, A., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah da. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292
Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684
Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19-A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2), 100503. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503
Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 186–192. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061
Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173
Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y. DOI: https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y
de Koning, B. B., Marcus, N., Brucker, B., & Ayres, P. (2019). Does observing hand actions in animations and static graphics differentially affect learning of hand-manipulative tasks? Computers & Education, 141, 103636. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103636. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103636
Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan Lkpd Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343
Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), e00786. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786
Hajhashemi, K., Caltabiano, N., & Anderson, N. (2018). Multiple Intelligences, Motivations and Learning Experience Regarding Video-Assisted Subjects in a Rural University. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers & Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747
Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Lai, A.-F., Chen, C.-H., & Lee, G.-Y. (2019). An augmented reality-based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716. DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.12716
Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of Multimedia Instructional Message on Motivation and Academic Performance of Elementary School Students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 491–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128
Mohd Saiboon, I., Musni, N., Daud, N., Shamsuddin, N. S., Jaafar, M. J., Hamzah, F. A., & Abu Bakar, A. (2021). Effectiveness of Self-Directed Small-Group-Learning Against Self-Directed Individual-Learning Using Self-Instructional-Video in Performing Critical Emergency Procedures Among Medical Students in Malaysia: A Single-Blinded Randomized Controlled Study. Clinical Simulation in Nursing, 56, 46–56. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006
Moll-Khosrawi, P., Cronje, J. S., Zöllner, C., Kubitz, J. C., & Schulte-Uentrop, L. (2021). Understanding how the motivational dimension of learning is influenced by clinical teaching in medical education: A prospective cohort study. Annals of Medicine and Surgery, 65, 102366. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366. DOI: https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366
Nurfadhillah, S., Andriyanto, A., Shadiqa, C. D., & ... (2021). Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1. …, 3(April), 177–197.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628
Ran, W., & Jinglu, L. (2020). The Design and Development of Digital Books for E-learning. 2020 4th International Conference on Artificial Intelligence and Virtual Reality, 51–55. https://doi.org/10.1145/3439133.3439140. DOI: https://doi.org/10.1145/3439133.3439140
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Ružičić, V. (2021). Development of Methodology Successful Realization of the Teaching Process. Узданица, 18(1), 231–244. https://doi.org/10.46793/Uzdanica18.1.231R. DOI: https://doi.org/10.46793/Uzdanica18.1.231R
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Sanchez, C. A., & Weber, K. (2019). Using relevant animations to counter stereotype threat when learning science. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 8(4), 463–470. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2019.08.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2019.08.003
Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16.
Silmi, M., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987.
Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP, 06(01), 1–15.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Weng, C., Otanga, S., Weng, A., & Cox, J. (2018). Effects of interactivity in E-textbooks on 7th graders science learning and cognitive load. Computers & Education, 120, 172–184. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.008
Wero, L., Laksana, D. N., & Lawe, Y. U. (2021). Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 515. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran, 9(2), 195–205. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Iv Sd Negeri 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741
Yip, J., Wong, S.-H., Yick, K.-L., Chan, K., & Wong, K.-H. (2019). Improving quality of teaching and learning in classes by using augmented reality video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014
Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591. DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591
Zhang, J., Liao, G., & Li, N. (2020). Combining active learning and local patch alignment for data-driven facial animation with fine-grained local detail. Neurocomputing, 398, 431–441. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.05.102. DOI: https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.05.102
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Kadek Candra Dewi, Gusti Ngurah Sastra Agustika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.