Perbedaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Nonfiksi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Agnes Yunita Prihasti Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.64915

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis, Nonfiksi, Jigsaw, Mind Mapping

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan keterampilan komunikasi secara tidak langsung dengan cara menuangkan kreativitas ide, gagasan, pikiran dalam karya tulis dengan melihat kaidah bahasa yang tepat sebagai informasi yang dapat dipahami oleh pembaca. Oleh sebab itu, proses pelaksanaan pembelajaran harus dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini di fokuskan pada keterampilan menulis karangan narasi nonfiksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara model Jigsaw dan model Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi nonfiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan model One Group Pretest-Postest Design. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik instrumen penilaian keterampilan menulis karangan narasi nonfiksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi nilai sig. 2 tailed 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata nilai posttest model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi nonfiksi dari hasil uji T sebesar  70,24 dan 80,87. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajan Jigsaw dan Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi nonfiksi peserta didik sekolah dasar.

Referensi

Adhiyasa, I. M. (2022). Penggunaan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 83 – 94. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566683.

Afriyanti, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks Descriptive Mata Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 32–45. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.244.

Anggraini, V. (2021). Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Animasi Lagu Berbasis Tematik Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Kota Bukit Tinggi. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 106. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9.

Aufa, A., Hambali, D., & Resnani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 284–290. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.2.284-290.

Azizah, T. N., Ruminiati, & Zainuddin, M. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Mind Mapping berbasis Pendek. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 3(1), 121 — 124. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10400.

Azzahra, N., Pratomo, S., & Sumiati, T. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329.

Derayati, A. K. T., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kelas X OTKP Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 142–146.

Gandasari, A., Purwatih, Y. E., Ege, B., & Subekti, M. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.640.

Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8762.

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.

Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416.

Holiyani, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas Vi Sd Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243.

Marpaung, D. N., & Pongkendek, J. J. (2021). Modul Pembelajaran Kimia Smp Berbasis Scientific Approach Pada Materi Asam Dan Basa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 44–50. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.33647.

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69.

Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.

Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663.

Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAMelalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(2), 287–294. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520.

Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100. https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105.

Putra, I. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Unsur Intrinsik Cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692–701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064.

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841.

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.

Rakhmawati, A. V., Koeshandayanto, S., & Gipayana, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Mod el Pembelajaran SAVI Berbantuan Media CD Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 4(1), 40 — 45. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11851.

Robina Simanjuntak. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 003 Rambah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8175.

Sukma, H. H., & Amalia, N. R. (2021). Pengembangan Media Fun Thinkers Dalam Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadiknas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 112–122. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189.

Suryana, D., & Yuanita, S. K. S. (2022). Efektifitas Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2874–2885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2197.

Tuto, Y. A., Hakim, A. R., & Wadu, L. B. (2020). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 311–322. https://doi.org/https://conference.unikama.ac.id/artikel/.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BASICEDU, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.

Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 60. https://doi.org/10.24036/108264-019883.

Yaniar, K. C., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1).

Diterbitkan

2023-08-13

Cara Mengutip

Prihasti, A. Y. ., & Koeswanti, H. D. . (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Nonfiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 298–306. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.64915

Terbitan

Bagian

Articles