Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IIIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10124Keywords:
Keterampilan Menulis, Mind Mapping, SuratAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui penerapan metode mind mapping pada siswa kelas IIIA semester I tahun ajaran 2016-2017 SDN 1 Sumerta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA semester 1 tahun ajaran 2016-2017 di SDN 1 Sumerta, yang berjumlah 40 orang siswa. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan bentuk instrumen berupa tes kinerja. Selanjutnya, data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai keterampilan menulis surat pribadi siswa pada siklus I dengan persentase rata- rata sebesar 74,05% termasuk kriteria sedang, kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase rata- rata 81,97 % termasuk kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas IIIA semester I tahun ajaran 2016-2017 di SDN 1 Sumerta dapat ditingkatkan melalui penerapan metode mind mappingReferences
Agung, A.A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Singaraja: FIP Undiksha.
Agus Suarimbawa, Kadek., A. A. I. N. Marhaeni, GAP Suprianti. 2017. An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017 (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/9551).
Arifin, Syamsir. 1987. Pedoman Penulisan Surat Menyurat Indonesia. Padang: Angkasa Raya.
Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Terjemahan Susi Purwoko. The Ultimate Book of Mind Maps. PT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Darmawati, Uti. 2007. Surat- surat Pribadi. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Hernowo (ed.).2004. Cara Cepat nsn Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Terjemahan Eva Y. Nukman. Quantum Writing. Bandung: Penerbit MLC.
Ilyas, Ismail. 2008. Ilmu Pendidikan Praktis. Jakarta: Ganeca Exact.
Kurniasih, Imas dan Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Oka Sugiarta, Gst Pt., I Wayan Widiana, I Dewa Kade Tastra. Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V di SD N 8 Banyuning. Mimbar PGSD Vol 6 No 3 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/8600).
Maharani, Ida. 2007. Bagaimana Menulis dengan Efektif. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Nurkholis, Hanif dan Mafrukhi. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Putra, Yovan P. 2008. Memori dan Pembelajaran Efektif.Bandung: Yrama Widya.Sape, Mirfan. 2012. Model Pembelajaran Mind Mapping. (Online). (http://mirfansape.blogspot.com/2012/12/model-pembelajaran-mind mapping.html. Dikunjungi tanggal 19 Desember 2012)
Rasyid, Harun, Drs. dan Drs. Mansur, M.Pd. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Rostikawati, R. Teti. 2008. Mind Mapping dalam Metode Quantum Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar dan Kreatifitas Siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Pakuan. (Online). (http://etalaseilmu.wordpress.com/2009/10/02/mind-mapping-metode-quantum-learning/. Dikunjungi tanggal 19 Juli 2012).
Saleh Andri. (2009).Kreatif Mengajar Dengan Mind Map.Bogor: CV Regina
Santihani, Ni Wayan Rosita. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia Kelas VA SD No. 1 Dalung Tahun 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Undiksha.
Silberman, Mel. 2002. Pembelajaran Aktif. Terjemahan Sarjuli, dkk. Active Learning. 1996. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto, Agus. 2007. Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia. Jakarta: Esis
Wardhani, IGK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8154)
Wulandari, Gusti Ayu Mirah. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik melalui Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas IVA SD Negeri 29 Pemecutan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Undiksha.
Wycoff, Joyce. 2005. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan-Pikiran. Terjemahan Rina S. Marzuki. Mind Mapping Your Personal Guide to Exploring Creativity and Problem-Solving. Bandung: Kaifa.
Yasin, Sulchan. 2002. Korespondensi Umum Surat- menyurat Praktis Siap Pakai. Surabaya: CV Adis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)