EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI STRATEGI ENJOYABLE LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PERMULAAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Gede Wira Bayu, Luh Gede Eka Wahyuni

Abstract


Penelitian didasari atas rendahnya hasil belajar belajar Bahasa Inggris disekolah dasar khususnya setelah implementasi kurikulum 2013 dimana waktu pembelajaran bahasa inggris jauh berkurang dari 4 jam pelajaran seminggu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi hanya 2 jam pelajaran seminggu pada kurikulum 2013. penelitian pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 di 8 sekolah dasar yang baru menerapkan kurikulum 2013 di kecamatan Buleleng. Data pada penelitian ini didapatkan dengan metode wawancara dan catatan lapangan. Dengan teknik random sampling subjek penelitian ini dipilih yaitu siswa kelas 2 di SD sejumlah 27 siswa sebagai kelompok kontrol, dan 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,34. Rata-rata kelompok eksperimen sebesar 20,86 dan kelompok kontrol sebesar 15,18. Hal ini berarti rata-rata kelompok eksperimen > rata-rata kelompok kontrol. Dengan demikian strategi strategi Enjoyable Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Penerapan Kurikulum 2013.


Keywords


enjoyable learning;audio visual.

Full Text:

PDF

References


A, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Universitas Sanata Dharma.

Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Ahmad, Rivai dan Sujana, N. (2011). Media Pembelajaran. Sinar Baru.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departement Pendidikan Nasional 2005 - 2009. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based On Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter. TARBAWY, 4(1), 1–9.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

N, O. (2005). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Primasari, R., & Herlanti, Y. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101

Susarno, L. . (2010). Strategi penyampaian bahan ajar melalui pemanfaatan metode dan media dalam proses pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.16015

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF file view : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.