Efektivitas Implementasi Strategi Enjoyable Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Gede Wira Bayu, Luh Gede Eka Wahyuni, Ni Wayan Arini

Abstract


Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar belajar Bahasa Inggris di sekolah dasar khususnya setelah implementasi kurikulum 2013 dimana waktu pembelajaran bahasa inggris jauh berkurang dari 4 jam pelajaran seminggu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi hanya 2 jam pelajaran seminggu pada kurikulum 2013. penelitian pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Data pada penelitian ini didapatkan dengan metode wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,34. Untuk mengetahui nilai ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = 44 taraf signifikansi (α)= 0,05 diperoleh nilai ttabel= 2,023. Dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel diperoleh perbandingan thitung>ttabel ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan dari rata-rata  , diketahui   kelompok eksperimen sebesar 20,86 dan   kelompok kontrol sebesar 15,18. Hal ini berarti   eksperimen >   kelompok kontrol. Dengan demikian strategi strategi Enjoyable Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Penerapan Kurikulum 2013 di Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


efektivitas;enjoyable learning;audio visual

Full Text:

PDF

References


Budi, L. (2015). Keefektifan Strategi Fun Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Godean Sleman. Jurnal Sastra Indonesia UNY, 2(1).

Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadlun, L. H. Al. (2016). Penerapan Model Arias Dengan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Tentang Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Grujugan Tahun Ajaran 2015/ 2016. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(51).

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hernacki, B. D. & M. (2004). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Hopkins. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadephia: University Press.

Jampel, I. N. (2005). Statistika Deskriptif. Modul. IKIP Negeri Singaraja.

Nurbaiti, S. (2016). Penerapan Strategi enjoyable learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung, 1(1).

Yosodipuro, A. (n.d.). Strategi Mengajar yang Menyenangkan dan Mendidik dengan Cerdik. Jakarta: Kompas Gramedia.

Zaim, M. (2013). Asesmen Otentik Implementasi dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Procceding of The Internasional Seminar on Languanges and Arts.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17178

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF file view : 610 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116; Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.