Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPS di SD Negeri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali dengan model PBL (Problem Based LearningI) yang berbantukan Role Playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur motivasi siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Tekhik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantu Role Playing motivasi siswa meningkat; 2) demikian juga hasil belajar IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
References
Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. 2007. The effects of problem-based active learning in science education on student’s aca¬demic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathemat¬ics, Science & Technology Education, 3 (1), 71-81,
Anggraini, Shinta , Syaiful M, dan. M. Basri. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Volume 4 Nomor 1.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Yogyakarta. Aditya Media,
Atmaja, N, P. 2016. Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Diva Press,
Aziz, A. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung,
Alfabetauda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 2015.
Djamarah, Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Hakim, Arif Rahman, Wayan Lasmawan, Nyoman Dantes. 2014. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Ips Kelas V Sdn Segugus Karang Baru. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 4.
Hartati, R. & Sholihin, H. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Makalah disajikan dalam Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS), 8-9 Juni 2015
Malthis. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta,
Mawardi. 2017.Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8 (1),26-40,
Melissa, M.M. 2016. Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) di kelas VII ESMP Negeri 15 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 2(1):1–18
Mustofa. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Pelita Jurnal Peneloitian dan Karya Imiah. , Vol 13, No 1, 32-45: Januari-April,
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta :Raja grafindo Persada,
Savin-Baden, M. Major, C.H.. 2004. Foundations of Problem Based Learning New York:open University Press.McGRAW – Hill Education,
Sudjana, Nana. 2009.Dasar-dasar Prosedur Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo,
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group,
Sutirman. 2013. Media Dan Model Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suwarso, Widiarto, T. 2010. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Pembelajaran IPS). Salatiga: Widya Sari Press,
Tina Sri Sumartini, 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5, Nomor 1, April
Uno, B., Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara,
Wardana, I Komang Ngurah, I Ketut Adnyana Putra, I.G.A.A Sri Asri. 2014. Pengaruh Model Pebelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kecamatan Karangasem. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.
Wau, Maria Patrisia. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sdi Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada . Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (4) pp. 239-245
Widya Irayani, Kusmanto, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika, Menggunakan Model Kooperatif Tip Group Investigation Kelas IV SD Negeri Sokorini 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Trihayu UST, Vol.3, No. 3, Januari 2017
Yustiana, dkk. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Sleman. PT Kanisius,
Zainal, A. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)