Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16155Abstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Script efektif terhadap hasil belajar bahasa inggris kelas III di SD Negeri 03 Kalitorong Kabupaten Pemalang, dilihat pada ketuntasan dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berbasis proyek dalam bentuk rancangan penelitian pre eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Jumlah sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Kalitorong Kabupaten Pemalang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script memberikan perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar 9,542 sehingga thitung lebih besar dari pada ttabel (9,542 > 1,729 ). Hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan posttest yang lebih tinggi dari pada nilai pretest. Rata-rata nilai pretest diperoleh 54,8 sedangkan posttest diperoleh rata-rata 77,45. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Cooperative Script dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
______________. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Bumi Aksara.
Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta
Hanafiah & Suhana Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3
Jeremy, Harmer. The Practice of english language Teaching.
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61.
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4,
Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES
Nur, Edwina Rusvita, Wakidi, Muhammad Basri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Volume 5 Nomor 6.
Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, Ariz. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soelistiyanto, Eko. 2014. Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Evolusi Di Kelas Xii Ipa3 Sma Negeri 2 Jember. Pancaran, Vol. 3, No. 4, hal 37-46.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sufazen, Nurulita. 2014. Keefektifan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education (JEE) Volume 3 (2) diakses melalui http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trilarasati, Yuli , Iskandar Syah dan Muhammad Basri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Volume 2 Nomor 1.
Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus
Ysh, Soegeng. 2016. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)